Tanggal 16 April kemarin, saya mendampingi Laras ikut acara jalan-jalan sekolahnya ke Taman Wisata Matahari Cisarua – Bogor. Acara yang udah ditunggu-tunggu Laras dari beberapa bulan sebelumnya. Gimana gak excited, dia selalu dibilangin ama ibu gurunya kalo nanti di Taman Matahari, anak-anak bisa mandiin kerbau en main lumpur. Jadilah, perbekalan juga kudu lengkap. Ibu Guru minta orangtua bawain anak-anaknya, baju ganti, baju jelek, handuk, peralatan mandi, jas hujan + payung buat antisipasi kalau di sana hujan. Belum ditambah perlengkapan yang lain, yah secara saya emang orangnya agak rempong, jadi beratlah gembolan emaknya ini :)).

Rombongan berangkat jam 1/2 8 dan tiba di sana sekitar jam 9an – 1/2 10. Perjalanan lumayan lancar, Alhamdulillah. Kebayang bakal macet, tapi ternyata gak juga, yah di beberapa spot aja ada yang padat, tapi gak lama. Sampai di sana, udah banyak rombongan dari sekolah lain, dan anak-anak makin bersemangat. Ternyata tempatnya lumayan bagus juga, murah meriah pula. Buat saya, lebih asik main di Taman Matahari daripada di Taman buah Mekar Sari. Kalo mau tau ada fasilitas apa aja dan info lainnya, bisa dibaca di website ini.

Rombongan sekolah Laras ikutan wisata Agro, yaitu wisata yang mengajak anak-anak untuk mencoba kegiatan pertanian. Untuk menuju ke tempat wisata itu, lumayan juga jaraknya dan kami harus berjalan kaki, tracknya juga menanjak. Jadi, ceritanya emang kemarin waktu di sana, kami lumayan berolahraga. Untuk pengunjung rombongan, kami dipimpin oleh pemandu dari Taman Matahari, berjalan ke tempat wisata Argonya.

Sampai di lokasi yang dimaksud, saya dan pendamping yang lain langsung menyiapkan anak-anak untuk memulai kegiatan. Seneng banget karena sekolah Laras dapat saung untuk basecamp yang dekat dengan lokasi kegiatan anak-anak, jadi gak perlu bolak-balik terlalu jauh.

Sebelum memulai kegiatan, anak-anak dan ibu guru dikumpulkan di lapangan dan diajak untuk pemanasan sama Pak Miing, nama pak Tani yang ceritanya pemilik sawah di situ. Pak Miing kayak ngasi briefing, apa aja sih yang bakal dilakukan oleh anak-anak, terus diajak senam, dan foto bareng. Fotonya ini yang harus ditebus sama orangtua, seharga 30rb/4 lembar, bisnis ya, bok :)).

Selesai pemanasan, anak-anak berbaris menuju sawah, melewati aliran air, udah gitu airnya dingiiiiin, itu aja dah bikin anak-anak seneng banget. Kegiatan pertama adalah mandiin kerbau, tapi Laras kecewa banget karena gak sempet ikutan mandiin kerbau. Jadi, sebelum ke tempat kerbau, anak-anak ini foto dengan wardrobe petani, pegang padi & tempat sayur, bergiliran. Begitu giliran Laras nyemplung ke tempat kerbau, cuman bisa liat kerbaunya aja, dan antri lagi buat foto bareng sama kerbaunya. Mana fotonya juga buru-buru, gak tunggu anaknya pose dulu, jadi mayan kuciwa juga sih.  Untungnya, Laras gak takut dan mau foto bareng sama kerbaunya, biarpun dengan tampang lempeng, gak ada senyumnya hihihihi.

Abis itu, mereka pindah tempat buat nyobain naik ke alat pembajak sawah yang ditarik sama 2 kerbau. Kali ini, kerbaunya jenis kerbau bule yang mirip sama Kyai Slamet, kerbau yang suka diarak tiap malam 1 Suro di kraton Solo. Setiap anak dapet giliran muter sebentar, bareng 2 temennya. Laras enjoy bener, naik sambil ketawa-tawa gak takut jatuh.

Tadinya, anak-anak mau ikutan kegiatan nanam padi di sawah, tapi gak jadi. Gantinya, langsung menuju empang dan anak-anak bebas nyebur sambil nangkepin ikan. Sebenernya, kasian juga sama ikan-ikan mujair itu, dikejar-kejar dan ditangkepin, terus dikekep sama anak-anak dan orang dewasa, terus dibalikin lagi ke air. Bolak-balik siklusnya gitu dari pagi, sampe keliatan banget ikannya pada mabok :(. Laras juga sempet megang lama, saya aja geli megang ikan hidup kayak begitu :D.

Waktu kegiatan itu, anak-anak terlihat happy banget. Mereka banyak belajar dan dapat banyak pengalaman dari kegiatan itu. Melihat Laras enjoy dan bermain dengan teman-temannya, kejar-kejaran, gak takut kotor, ketawa lepas en mencoba banyak hal yang gak mungkin bisa didapetin di rumah, bikin saya ikutan happy. Kepengen rasanya sering-sering ngajak Laras main dan berwisata ke tempat model begini, daripada ke mol mulu, bosen rasanya. Larasnya juga jadi banyak bergerak, bikin sehat juga, kan. Ada sih, anak yang gak mau ikutan nyebur ke empang, ibunya bilang, anaknya gak mau karena kotor katanya. Yah, sebenernya sayang banget ya.. mungkin emang dibiasain gak boleh main kotor-kotoran.

Selesai semua kegiatan, waktunya anak-anak mandi bebersih badan di pancuran, airnya dingiiiin. Abis itu dilanjutkan istirahat makan & sholat, sebelum mulai lagi kegiatan berikutnya. Kebersihan toilet di tempat itu, lumayan lah ya, gak jorok-jorok amat. Mungkin juga karena pengunjungnya gak terlalu ramai. Musholla juga gak susah nyarinya, saya sholat di musholla berbentuk rumah panggung gitu, terus kecil banget, tapi enak juga lokasinya di pojok dan bisa liat pemandangan orang yang lagi main arung jeram *liatnya bukan pas sholat, ya :D*.

Perut sudah kenyang, sudah sholat dan istirahat, rombongan diperbolehkan punya acara bebas. Kami mampir di taman burung sebentar, yang isinya hewan-hewan yang gak cuman burung. Di situ, anak-anak bisa ngasi makan ikan dan kelinci, Ada juga, beberapa unggas, kayak ayam, dan sempet ngeliat iguana. Karena bosen di tempat itu, Laras dan 2 temannya, nyobain main di wahana lain. Kami dapat tiket gratis 4 fasilitas di sana, kayak sepeda air,  perahu dan lainnya. Tadinya sih mau naik sepeda air, tapi ngeliat antriannya dan harus kumpul di bis jam 3, akhirnya nyobain main..aduh apa ya namanya…pokoknya kayak sepeda air tapi lebih gede. Kendaraannya itu besar, ngapung di air dan harus digowes juga biar bisa jalan, bannya ada 3.  Pas nyobain naik, wuidiiiih kerja keras banget. Gowesnya berat, udah gitu pedalnya besi dan gak ada alasnya, dan karena kaki dalam keadaan nyeker biar sepatunya gak basah, telapak kaki berasa sakit banget. Udah gitu, sempet susah digowes, efeknya kaki keram sampe sakit banget pas tidur malem :(.

Di depan wahana itu sebenernya ada arena mainan kayak komedi putar dan wahana-wahana kayak di funworld MOI, dan anak-anak pengen banget main di situ, tapi waktunya terbatas banget. Jam 3 kami harus kumpul di bis, dan harus pulang ke Jakarta. Bukan emak-emak namanya kalo gak nyempetin belanja dulu, tadinya saya udah gak mau beli apa-apa, akhirnya nenteng 3 bungkus strawberry. Mayan banget buat bikin smoothies, segeeeer.

Alhamdulillah, acara jalan-jalannya lancar, sukses dan selamat sampai di rumah lagi. Laras jadi punya kenangan indah yang bisa dia ceritain ke orang lain, terutama setiap Eyang-eyangnya telpon, langsung diceritain pengalamannya ketemu kerbau dan pegang ikan. Ternyata, main kotor-kotoran emang lebih seru, ya. Kalau gak kotor, gak belajar, kan.. :)

 

 

PhotoGrid_1397637238426

Laras happy..

Hari Minggu tanggal 15 April kemarin, BigScream & Fam, piknik ke pantai Ancol. Rencana piknik ini dah lama di gagas sih, tapi baru kesampean ya pas kemarin itu. Itu aja, gak semua bisa ikut, Hera yang tiba-tiba mundur karna ada acara kawinan sodaranya, Agita yang bentrok ama jadwal gereja, Sekli yang sibuk latihan buat event #21Srikandi (cewek2 gowes dari Jepara-Bandung), en Andar yang emang sibuk pisan dah, ibu PR Pertamina kita ini. Jadi kemarin yang bener-bener brangkuts cuman saya, Poppy, Devina & Shinta. Alhamdulillah tetep seru acara pikniknya :D

Berhubung si papah lagi sakit mata waktu itu, jadi saya, Laras en si mbak, nebeng mobilnya Poppy. Mayan rame di mobil dese, ada Nayara + Nada en si mbaknya, trs Shinta juga nebeng. Sementara Devina, hubby en Alfie, nyusul soale mesti nunggu kuenya dateng dulu. Yep, kita emang sengaja potluck-an buat konsumsinya, selain dalam rangka irit, juga biar terjamin banyak en sehatnya. Bener aja, pas piknik itu samsek gak kekurangan logistik, bahkan aseli kenyang to the max.

Poppy bawa macaroni panggang en nasgor buat anak-anak, Devina bawa aneka kue, Shinta bawa minuman dingin en saya bawa homemade bitterbalen. Yang nolong banget ya minuman dingin yang dibawa Shinta, bener-bener niat sampe disangka jualan minuman :)). Shinta bawa termos es yang gede, diisi banyak es batu, yang dibuat dari air mateng, en aneka minuman yang seger. Jadi biar minuman kotaknya abis, masih ada air dingin. Thx banget ya Ta :*

Sampai di Ancol jam 7an, Alhamdulillah masih kena korting hari minggu pagi, cukup bayar @ Rp 10000 en mobil Rp 20000, kita bisa masuk ke kawasan Ancol yang tiap hari minggu ada CFD. Sebenernya emang kesiangan sih, karna di Ancolnya udah rame dan parkir dah mepet *sori ya gals :p*. Sempet nyasar en muter-muter dulu nemuin beach poolnya, Alhamdulillah, emang rejeki, kita gak susah dapet parkir yang ga jauh-jauh amat dari beach pool. Dan emang sampe di beach pool, dah banyak yang gelar tiker en duduk di bibir pantai.

Begitu dapet spot yang enak, kita langsung gelar tiker en keluarin semua logistik. Sarapan dulu, isi perut sambil foto-foto tentunya. Anak-anak seneng banget, abis sarapan langsung main pasir en nyebur ke pantai. Laras emang gak bawa baju renang, cukup pake kaos dalem en celana pendek aja, gak lupa pake lotion dulu. Sementara kita ibu-ibu, sibuk gosip, makan, en foto-foto sambil keenakan kena angin pantai, sumpeh deh kalo gak inget itu pantai rame bener, kita kayaknya dah selonjoran trs tidur bareng :)).

Puas maen & berenang di pantai, kita pindah spot buat foto-foto, tadinya sih pengen foto-foto di dermaga deket resto Le Bridge, tapi gak kuat saking teriknya matahari. Akhirnya Devina ngusulin buat ke pantai marina aja, tempat kapal-kapal pada nongkrong. Foto-fotolah kita disitu, sambil berkhayal jadi yang punya kapal-kapal bagus :)). Kalo di foto sih berasa kayak di Venice ya, padahal mah kalinya baaaauk. Tapi teteup gak ngurangin semangat kita buat pose ;;).

Selesai foto-foto, kita pulang, secara dah siang juga. Sebelum pulang, ikut Poppy anter kue dulu ke customernya, trs maksi di Pak Ugi di Kelapa Gading. Udah kekenyangan baru deh bener-bener pulang. Alhamdulillah acara piknik lancar en menyenangkan, bikin kita semangat buat ngulang piknik lagi. Kepengennya sih ke Bogor ato nginep rame-rame kemana gitu, ya mudah-mudahan bisa terlaksana juga yaaaa. Thx gals for the great moment yaaa :* :* :*

Inilah sebagian foto-foto piknik kemarin :)

gelar makanan en sarapaaaaan 

Laras asik main en berenang ama temen-temen baru 

makan lagiiii sambil ngantuk kena angin pantai 

para model diantara kapal pesiar :))

cicik Nada lucu bangeeeeet

Di bulan Februari ini adalah bulannya orang-orang penting di hidup saya. Mereka yang saya sayangi berulangtahun bulan Februari ini.

10 Februari : Ulang Tahunnya papah Dicky

16 Februari : Ulang Tahunnya Laras

Oiya, 2 sahabat saya juga ulang tahun, Hera tanggal 2 Februari en Shinta tanggal 14 Februari. Kakak ipar juga ulang tahun di tanggal 9 Februari. Whoaaa, rame kan jadinya. Kebayang kalo semua bikin pesta, bisa tekor deh beli kadonya :)).

Tahun ini papah Dicky ulang tahun yang ke 34 tahun. Dah tua juga ya pah ;)). Semoga di usia yang makin bertambah ini, papah jadi makin tambah dewasa juga, tambah soleh, sabar, bijaksana, sehat selalu, banyak rejeki dan selalu diberkahi oleh Allah SWT. Buat papah gak ngasi kado apa-apa, tadinya sih pengen ngasi surpris, saya dipitain gitu :)). Biar papah seneng en tambah sehat, saya pesenin aja cupcakes dari Poppy.

Lucu deh cupcakesnya, berikut penampakannya :

 

cupcake bertema dunia gadget buat papah, ada sepeda maksudnya buat ngingetin biar rajin sepedaan lagi :D

Tanggal 16-nya, giliran Laras ulang tahun yang ke 4. Ya ampun udah besar ya, gak berasa, kayaknya baru kemarin prucut, keluar dari perut. Di umur yang ke 4 ini, Laras makin banyak aja kebisaannya dan makin nggemesin. Alhamdulillah, makannya dah lebih mau, cuman masih lama aja. Berat badannya juga jadi nambah. Sekolahnya masih rajin, udah mau bergaul sama temen-temennya. Cuman masih aja pemalu kalo sama orang baru, tapi kalo di rumah jadi jagoan kandang :). Ngeyelnya juga makin jago.

Biarpun Laras udah sekolah, tapi saya gak ngerayain di sekolahnya, kayaknya ntar aja deh kalo dah TK aja. Saya en papah ambil cuti sehari, biar bisa nemenin Laras seharian. Bangun tidur, mamah papah langsung cium en doain Laras, semoga Laras jadi anak sholehah, pintar, sehat, dan semua yang baik-baik didoain buat Laras. Abis mandi, kita langsung tiup lilin dan potong kue dan bukain kado dari Eyang Nik. Kadonya dah dateng dari tanggal 15 siang, Laras dah gak sabar aja pengen buka :)). Untung masih mau dibujuk buat buka besok paginya.

Mamah papah gak ngasi kado barang buat Laras, tapi kadonya Laras diajak main ke Kidzania. Sekalian penasaran kayak apa sih Kidzania itu, dan cara mainnya. Kita ambil yang sesi mainnya 5 jam, dari jam 11 sampe jam 4 sore. Tiketnya maharani ya book, jangan minta sering-sering ya nak main disini, kasihan papahnya :)).

Waktu kita masuk, udah banyak pengunjungnya, mungkin pada ambil sesi yang dari jam 9 pagi. Kebanyakan emang rombongan anak sekolahan, TK ato SD gitu. Duh mayan rame banget, tapi gak serame waktu kita nyoba dateng pas hari sabtu, sampe sold out tiketnya. Ih kebayang kayak apa itu ramenya di dalem, kemarin aja dah antri mulu nunggu giliran main, apalagi kalo wiken.

Permainan di Kidzania emang bisa berlaku dari anak umur 4 tahun, bisa aja sih yang umur 2-3 tahun, tapi sangat terbatas banget. Menurut saya, umur 4 tahun aja, masih belum bisa semua permainan bisa diikuti, apalagi yang modelnya “bekerja” ya. Paling enak emang kalo yang udah umur SD ato paling gak udah bisa baca. Laras bisa sih ngikutin beberapa, tapi ya masih bingungan gitu, apalagi kalo pas bareng ama anak yang lebih tua, jadi gak bisa bersaing.

Begitu masuk kita diberi gelang dan untuk anak dibagi vocer yang bisa ditukerin ke bank senilai 50-60 kizzos dan nanti dapet kartu ATM. Uang itu bisa dipakai buat pembayaran di arena permainan, kalo uangnya abis, si anak bisa bekerja untuk dapet uang lagi. Laras senengnya ya pas nyobain ambil uang di ATM, mungkin karena sering liat mamah papahnya ambil uang di ATM dan punya kartu, jadi dia juga excited pas nyobain mesin ATM.

Karena kemarin untuk nyobain permainan cukup antri terus, 1 tempat permainan biasanya ada aktivitas selama 20-30 menit dan dibatasi jumlah anaknya, biasanya sih sampe 10 orang aja. Nah, kan males juga buat nungguin, jadi kita ya keliling terus aja nyari permainan yang kira-kira cocok buat Laras dan gak antri-antri amat. Laras nyobain nge-gym, ikut sekolah model yang terus ikut fashion show, bikin pizza, jadi suster di kamar bayi, bikin coklat di pabriknya, en bikin teh kotak.

Kayaknya yang Laras bener-bener enjoy ya pas bikin pizza en jadi suster yang ngurus bayi, karena Laras dah biasa maen boneka, jadi asik juga dia mandiin bayi, ngasi susu pake dot, trus nidurin bayi. Paling lucu waktu Laras jadi model, pas ikut sekolahnya sih ya masih bisa ngikutin dikit, tapi begitu fashion show, Larasnya bingung sendiri mesti jalan di catwalk. Hehehe gak papa ya nak, latihan berani di panggung :*.

Pas bikin pizza, Laras juga seneng, apalagi bareng sama anak-anak yang sepantaran. Jadi Laras juga semangat deh. Dikasih tau contoh en diajari cara bikin pizza, dari mulai bikin dough, di kasih topping sampe di panggang. Hasilnya si pizza bisa dimakan ama Laras, mamah papahnya juga nyicipin. Enaaak deh, Laras juga jadi bangga bisa bikin pizza :)

Di dalam Kidzania, anak-anak juga bisa naek taxi atau bis, cuman Laras gak mau diajakin naik, mungkin karena dah capek juga, padahal pas arena dah sepi, rombongan sekolahan pada pulang jam 2. Pengen sih mamahnya yang naik aja, tapi gak boleh boook :D. Menurut pengamatan, permainan yang diminati itu, anak-anak jadi polisi, mana bisa nangkep penjahat beneran, jadi petugas pemadam kebakaran dan jadi dokter, bisa naek ambulan looh.

Masuk ke Kidzania, kita gak boleh bawa makanan dari luar, minuman cuman boleh air putih aja. Jadi kita juga makan siang di dalam arena Kidzania. Ya tau deh, makan di tempat begituan, dah makanannya seadanya, harganya juga maharani. Tapi kalo gak makan juga kelaperan kita ;)). Tepat jam 4, kita pun harus keluar, karena arenanya mau dibersihkan dan giliran sesi berikutnya yang sore sampe malam. Alhamdulillah seneng semua ya :)

Pas wikennya, eyang Uti + Akung dateng dari Bandung. Tante Yanti, mas Tama, en Kak Shilla juga ikut. Kita semua ngumpul di rumah Om Dendy, buat potong tumpeng en makan kue tart. Karena yang ulang tahun 3 orang, papah Dicky, Laras en Om Dendy, jadi dirayainnya bareng deh. Mamah pesen kue dari tante Nana @Aprilcakeshop buat Laras, karena Laras lagi seneng ama Powerpuff girls, jadilah mamah pesen kue itu ama tante Nana. Makasi ya tante Nana, kuenya lucu banget dan pastinya enak :).

Laras seneng banget kumpul ama sepupu-sepupunya, bisa maen bareng dan pastinya dapet kado ya nak :). Alhamdulillah Laras banyak yang doain, semoga semua yang doain juga dapet berkah dari Allah SWT ya. Amiiin.

Kira-kira nanti bulan April, mamah di kasih surpris juga gak ya ? ;))

Hari minggu kemarin, Laras minta diajak main ke MoI, “main ke moi mamah, Lalas mo main sawat, eta, uda2an, obil2an” ;)). Yap, Laras udah bisa “nodong” mamah papahnya kalo wiken, dia dah tau kalo libur itu minta diajakin main. Mintanya udah dari awal minggu, ribut aja nanyain “mamah libul?” tiap bangun pagi. Kesian juga sebenernya, mo main ama mamahnya aja mesti nunggu wiken tiba :(. Yah mumpung awal bulan, sebelum puasa dan udah lama juga gak main ke MOI, jadi kita ajakin deh Laras main di funworld MOI Kelapa Gading.

Dari subuh, Laras dah bangun dan gak bobok lagi, padahal mamah papahnya abis sholat subuh balik molor, mumpung euy ;)). Jadi dari subuh sampe jam 7 pagi Laras dah heboh aja main sendiri ato sibuk bolak-balik kamar, liat apa mamah papahnya dah bangun apa belom. Maaf ya nak, kita tepar banget soale, jadi bobok lagi deh sebentar.

Abis mandi dan sarapan, kita siap-siap pergi ke MOI, rencananya sih sekalian mo belanja bulanan dan mampir ke rumah Pakde yang di Kelapa Gading, silaturahim sebelum puasa. Tiba-tiba keinget aja pengen ngajakin Erlangnya Aldi biar ikut sekalian playdate ama Laras. Inget di MOI kan ada choochoo train kesukaan Erlang. Aku coba BBM-in Aldi, nawarin ide tersebut dan Aldi pun setuju ikut walopun dengan Term & Condition kita yang mo mampir2 :D. Begitulah enaknya kalo dah hopengan ya Di ;))

Setelah jemput Aldi & Erlang di rumahnya, kita pun meluncur ke MOI. Walopun jalanan macet karena banyak orang yg keluar rumah sebelum puasa, akhirnya sampai di MOI jam 12 dan mayan masih belum begitu rame. Kita langsung menuju futkort, isi perut sebelum main biar anak-anak balita itu gak rewel dan puas mainnya ga keganggu mesti makan dulu. Untungnya juga jam segitu, futkort belum begitu rame, jadi masih gampang cari tempat dan order makanan.

Beres makan siang, kita capcuss ke funworld yang ada choochoo trainnya. Bener aja deh, Erlang seneng banget tuh liat en naik choochoo train-nya. Mukanya sumringah plus maunya deket, ngamatin trs pegang2, kalo dah gede bikin kereta yang banyak & keren ya nak, sekarang sekolah yang rajin en pinter, biar tercapai cita-citanya ya :*. Laras juga seneng, apalagi naik kereta ada temen sebayanya. Tapi dia gak begitu terobsesi kayak Erlang gitu, malah ribut aja pengen naik pesawat ;)). Liat aja nih foto berikut, mesra bener kan anak gadis dan anak bujang itu :P.

 

 

Mamahnya Laras en ibunya Erlang emang doyan banget nih ngegodain anak 2 itu, disuruh pegangan lah, akrab-akraban saling meluk, cium juga :)). Ini sepertinya obsesi terpendam ortunya deh xixixi. Coba nanti kalo dah abegeh, kalo anak-anaknya begitu, malah ortunya yg sport jantung :))

Abis naik choochoo train, kita turun ke bawah, ke arena funworld yang banyak wahananya. Nah disini mulai mencar deh secara minatnya juga beda. Laras naik pesawat2an, carrousel, mobil2an yang goyang-goyang doank dll. Sementara Erlang bisa sampe 5x naik kereta-keretaan :)). Laras malah ga naek kereta yang kecil itu, begitu di tanya mau gak naek kereta, dia bilang “udaaaah”. Naik choochoo train udah cukup bagi Laras :D.

Begitulah sedikit cerita playdate Laras en Erlang, walopun singkat tapi cukup mesra kok. Kapan-kapan main lagi yaaaa..