Disclaimer : Liburannya udah lama, tapi baru sempet posting sekarang *tutup muka*

Berawal dari gagalnya mudik, sekaligus liburan ke Bandung di hari Lebaran, karena mas Dicky sakit, akhirnya, ditebus dengan ajakan liburan di akhir pekan, disambung cuti sehari di hari Senin. Tadinya, mas Dicky ngajak ke luar kota, yah yang deket-deket aja, kayak Bandung, Bogor, Anyer. Tapi, males juga kalo udah jauh, cuman ambil liburan semalem, diputuskan, kita liburan di Jakarta aja. Terinspirasi postingan path liburannya Bheboth di Ancol, maka kita pun sepakat, mari liburan di Ancol :D.

Kita ambil waktu 18-19 Agustus 2013, di saat semua orang kembali ke rutinitas kerja dan sekolah setelah libur lebaran. Secara Laras sekolah hari pertama, dan biasanya di hari pertama cuman halal bihalal dan pulang cepat, ya sekalian aja gak masuk. Jadi anti mainstream juga toh, orang pada mulai kerja, kita liburannya belakangan hehehe.

Berangkat dari rumah, hari minggu sekitar jam 8-9an pagi, tujuan pertama, main air dan pasir di pantai ABC, Ancol Beach City, yang katanya lebih bersih dan bersahabat dibandingkan Beach Pool, yang pernah kita datengin. Buat yang belum tau, apa dan dimanakah Ancol Beach City? ABC itu letaknya deket Ancol Mall, yang di atasnya itu ada MEIS, yang suka dipakai utk konser-konser.

Ternyata, emang bener, Ancol Beach City tuh enak banget. Pantainya lebih bersih, luas, pasirnya pasir putih, dan ada rekreasi airnya kayak banana boat, naik kapal cruise, dll. Cuman, kalo kita main di pantai, kita gak boleh bawa makanan dan minuman dari luar, karena di malnya ada restoran, dan mungkin juga biar gak kotor. Plus, kita gak boleh juga bawa tiker sendiri, dengan alasan, ada penyewaan tiker dan saung/gazebo gitu.

Secara saya adalah #emakirit, saya pun dari rumah dah bawa bekal lengkap, nasi uduk, minuman dan cemilan. Dengan pedenya, kita bawa semua donk, begitu keluar dari basement, langsung di cegat security dan dikasih tau aturannya. Karena takut kelaperan, kita balik lagi ke mobil, makanin dulu bekal sarapan sampe selesai dan balik lagi ke pantai.

Anehnya, dengan aturan di atas, untuk menyewa tiker juga susah loh, setidaknya pengalaman kemarin. Jumlahnya terbatas, dan untuk bisa duduk-duduk di gazebonya, kita harus belanja dulu sebesar 250rb di malnya. Begitu juga kalo mau nyobain rekreasi airnya. Tapi, kemarin ada yang bilang, selama kita dateng di bawah jam 10 pagi, kita masih bisa duduk di gazebo, free. Jadilah, kemarin banyak juga yang duduk di gazebo.

So far, Laras seneng kok main di pantainya. Nyebur berdua sama ayahnya dan main pasir, sementara saya duduk-duduk di atas sendal sambil menikmati angin pantai diiringi lagu-lagu 90an. Untung aja ada tenda yang dipasang di pinggir pantai, jadi saya duduk di situ, gak kepanasan.

Laras main gak lama, kayaknya sekitar 1 jam aja, secara lama-lama mataharinya kinclong bener, ini sebenernya ayah sama mamahnya yang gak tahan :)). Setelah bilas dan mandi, kita ngadem di malnya, foto-foto sebentar, sholat Zhuhur dan makan siang di Kopi Oey. Puas foto-foto di ABC, kita langsung cabut dan menuju Mercure hotel, tempat kita nginep selama 1 malam.

Awalnya kita bingung cari hotel yang deket Ancol. Agak ragu juga mo nginep di Mercure, apalagi setelah baca-baca review waktu gugling hotel, ditambah sama cerita dari Bheboth juga. Tapi, mengingat kita pengen gak jauh dari Ancol dan gak perlu bolak-balik bayar tiket masuk, akhirnya dengan Bismillah, kita pilih Mercure juga. Dengan harga promo yang paling murah meriah, kita gak berharap terlalu banyak dengan servis dan fasilitas kamarnya, pas masuk kamar, ternyata gak seburuk bayangan kita. Kita cukup menikmati banget suasana kamar dan hotelnya. Ya, cukup lah buat beristirahat, dan cukup worth dengan harganya. Yang penting Laras senang, dan mas Dicky juga gak terlalu banyak komplen, secara dia cukup rewel hihihi. Yang direwelin sih, pelayanan hotelnya aja yang kurang ramah, staff hotelnya jarang sekali senyum sama tamu. Dan itu bahkan di front desknya, beda bener ama pelayanan di hotel Santika, tempat kita nginep waktu liburan di Bogor.

Sesiangan, kita istirahat di kamar, dan mayan bisa tidur siang sebentar. Tadinya, pengen berenang di kolam hotel sore-sore, tapi kata mas Dicky, besok pagi aja, karena Laras agak meler setelah main di pantai. Malamnya, kita bisa liat kembang api dari kamar, yang asalnya dari teater ecopark. Larasnya langsung heboh deh :). Karena perut lapar, kita keluar hotel buat makan malam. Gak jauh-jauh, makannya junk food juga. Mau makan di The Bridge tapi kok, gak terlalu selera juga, mana sepanjang dermaga banyak yang pacaran. Pemandangannya serem-serem deh, agak nyesel juga ngajak Laras jalan di sekitar dermaga :(.

Selesai makan malam, kita jalan-jalan malam, muter-muter Ancol. Pemandangan lampu-lampunya bagus juga, tapi gak sempet foto di ABC lagi, padahal banyak spot bagus kalo malam. Sempet turun di Ancol boulevard, karena Laras ngajakin foto di deket patung-patung, dimana banyak orang yang foto-foto juga. Emang suka latah deh dia, kalo liat orang foto hahaha. Kita balik ke hotel sekitar jam 10 malam, cepet-cepet tidur karena besok paginya kepengen olahraga dan jalan-jalan pagi di ecopark.

Niat jam 6 dah jalan di Ecopark, akhirnya baru jam 7 kesampeannya, kesiangan cyiiin. Untung aja, lokasi Ecopark pas banget di depan hotel, jadi tinggal nyebrang aja, sampe deh. Sementara saya lari muterin Ecopark, Laras dan ayahnya naik sepeda tandem, keliling taman. Untuk menyewa sepeda tandem, kita mesti merogoh kocek sebesar 50rb/jam, dan kemarin cukup 1 jam sajah. Setelah puas lari 5K di Ecopark, saya pun nyobain juga tuh naik sepeda tandem ama Laras.

Pengalaman lari Ecopark adalah yang pertama kali buat saya. Tempatnya nyaman banget buat lari. Track untuk lari/jogging dipisah dengan track untuk sepeda. Tapi, karena kemarin sepi banget yang olahraga, jadi nyelonong lari di track sepeda, juga bisa *jangandiikuticarainiya*. Waktu lari, kita bisa sekalian liat pemandangan yang hijau-hijau dan suasananya lumayan adem. Walaupun sempet nyasar-nyasar dan gak puguh arah larinya, tapi gak perlu kuatir, karena masih di lingkungan taman aja. Kita sebenernya bisa kasih makan burung merpati atau ikan di kolam, sayang aja kemarin gak bawa roti untuk makanannya. Kapan-kapan pengen deh bisa diulang lagi, lari pagi atau lari sore di Ecopark. Sayang, jaraknya jauh dari bekesong, boook.

Sekitar 1 jam kita lari dan sepedaan, rasanya mulai laper juga, dan kita mutusin buat sarapan di Pizza Hut aja. Jarak dari hotel – Pizza Hut, lumayan jauh kalo jalan kaki, kita pun naik bis Wara-wiri, yaitu bis shuttle yang muterin sekitar Ancol. Naik bis itu gretong loh, yang penting kita nunggu aja di haltenya, dan kita tau rute bisnya. Informasi rute bisnya juga tersedia di halte, kebetulan bis itu punya rute Barat dan rute Timur. Kalo kemarin, perjalanan hotel – Pizza Hut – hotel, kita mesti transit dulu di halte Gondola Ancol buat ganti bis. Karena sepi, kita jadi berasa punya bis pribadi deh, udah gitu bisnya juga lumayan bersih, dan ada AC-nya.

Selesai sarapan, kita balik ke hotel lagi, dan nyempetin berenang di pool hotel sebentar, ya lumayan berenang 1 jam. Sayang, kemarin baru mulai berenang jam 10an, jadi rasanya dah panas. Biar kepanasan, Laras tetep menikmati main air, dia malah sempet nyobain main di seluncuran yang untuk anak-anak. Awalnya, takut juga, tapi setelah dikomporin, mau juga nyobain. Dah gitu, bodonya kita, mamah ama ayahnya, kolam seluncurannya gak dicobain dulu seberapa dalem, padahal lumayan kalo buat Laras, sekitar sedada atau selehernya gitu. Kalo waktu di Waterboom Cikarang, kan, cuman sekitar sedengkul or sepahanya. Jadi, begitu nyebur ke kolam dari seluncuran, Laras lumayan kaget dan gelagapan, Alhamdulillah banget, Laras gak panik dan langsung bisa menikmati lagi.

Satu jam menjelang waktu check-out, kita balik ke kamar dan mandi. Gak terlalu keburu-buru karena paginya dah sempet nyicil beresin baju yang udah gak kepake, jadinya tinggal beresin gak terlalu banyak barang. Pas jam 12, kita check-out deh, rasanya pengen manjangin waktu liburan, tapi apa daya tangan tak sampai ;)). Next time, kita liburan lagi, kalo ada rejeki, waktu dan kesempatan.

Berikut, adalah foto-foto liburan, sebulan yang lalu..