Sudah 3 hari, saya melakukan program detox/detoksifikasi. Buat yang belum tau apa itu detox dan caranya, bisa minta tolong sama mbah google buat cari sumbernya. Caranya emang macem-macem, tapi saya biasanya baca artikel yang ini, sebagai salah satu sumber yang bisa diikuti.

Detox kali ini, bukan yang pertama buat saya. Saya pernah detox kira-kira 2-3th lalu. Hasilnya, dulu emang niatnya untuk ngurangin berat badan, tapi ternyata salah. Jadi, untuk detox yang sekarang, saya niatin buat kesehatan, sukur-sukur berat badan bisa turun juga.

Ok, yuk mari kita liat menu detox-nya..

Day 1 :

Karena hari sebelumnya kita nginep di Bandung selama wiken, jadi persiapan untuk detox sebenernya masih minim. Saya gak punya stok buah, jadinya saya beli melon 2 buah di tukang sayur, pagi sebelum berangkat kantor. Diawali minum air hangat + perasan jeruk nipis/melon, saya makan melon seharian. Mulai dari sarapan, snack, maksi, sampe makan malem. Yang ada, saya lumayan trauma ama melon :)). Untungnya saya sempet makan jeruk navel di malem hari, pas saya bikin puding buah untuk acara makan bersama di sekolahnya Laras.

Day 2 :

Menunya mulai bervariasi, karena malam sebelumnya saya sempetin belanja beraneka ragam buah. Emang sih, ada yang nganjurin untuk makan buah sejenis aja pas detox, jadi 3 hari hanya makan 3 macem buah. Tapi, belajar dari detox hari pertama, saya kepengen melakukan detox dengan enjoy. So, saya beli buah-buahan yang manis, enak dan saya suka, dan yang paling penting bukan buah yang jadi pantangan dalam ber-detox.

Di hari ke 2, saya makan semangka kuning, jeruk navel, anggur, apel

Day 3 :

Hari ini, masih konsumsi buah-buahan seharian. Menunya masih sama seperti hari ke 2, tapi ditambah pepaya en semangka merah. Sampe hari ke 3, detox-nya lancar, terlewati dengan baik dan bisa jauh dari godaan..yaaay !!!

Buat saya, program detox ini susah-susah gampang. Tapi, saya bawa santai dan enjoy aja. Yang paling berat adalah emang godaan dari sekitar, di saat semua orang makan segala macem, apalagi baunya menggoda. Belum lagi, postingan makanan di path, twitter, instagram dll, kita cuman makan buah aja. Untung aja, 3 hari kemarin itu kerjaan di divisi saya lagi banyak, jadi temen-temen sekitar yang aslinya doyan makan en jajan, sampe gak sempet menggoda dengan jajanannya. Di rumah pun godaan makanan gak terlalu parah, masih bisa ditahan :D.

Selama detox, saya juga gak ngalamin gangguan fisik. Hari ke 2 emang agak sedikit pusing, tapi gak sampe ganggu en cepet ilang juga. Badan gak lemes, karena tiap 2 jam kan makan, dan minum air putih juga banyak. BAB lancar, apalagi BAK-nya, beser bangeeet. Saya juga masih aktif olahraga, hari pertama di rumah, selasanya nge-gym, dan hari rabu tetap lari 5K-an di GBK. Badan malah berasa enteng dan seger, pas di kantor gak berasa ngantuk banget. Ada sih rasa kantuknya, tapi gak kayak kalo abis makan nasi lengkap.

Setelah 3 hari detox, saya mulai makan biasa, tapi bertahap aja gak langsung makan berat. Hari ini, saya sarapan buah seperti biasa sampe batas jam 11, terus maksinya sayur tumis pokcoy, yang ditumisnya gak pake minyak. Snack sore & dinner, makan salad sayur. Ini malah rasanya agak berat, karena kayaknya dah kangen makan normal. Tapi, sayang juga, 3 hari udah meringankan beban kerja sistem pencernaan, tapi terus besokannya makan langsung kalap. Emang bener deh, kalo mau ngejalanin detox, mesti nyiapin mental juga.

Besok, saya udah bisa makan biasa, cuman saya masih mau banyakin makan sayurnya. Protein hewani masih dihindari dulu, masih bakal konsumsi protein nabati aja. Nanti hari Sabtu, baru deh mulai makan yang protein hewani, secara juga bakal hadir di acara nikahannya Bemo & Hippo, temen gank d’Sintingerz. Bakal kalap nih kayaknya ;))

Jadi, buat temen-temen yang mau mencoba hidup sehat, boleh dicoba ber-detox. Kalo gak salah, detox gak perlu dilakuin sebulan sekali, tapi 3 bulan sekali aja. Selamat mencoba…

 

 

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.