image

Biasanya waktu hujan identik sama suasana gloomy & romantis. Kalo buat saya..

Hujan = bakso pedes, mie instan cabe rawit atau pisang goreng + teh manis anget/wedang jahe

Gak heran ye, kalo body jadi ginuk-ginuk gini.

Pas hujan turun juga waktu yang tepat buat tiduran pake selimut, sambil baca buku, atau nonton tivi, dengerin lagu menye-menye. Asiknya lagi kalau sambil uyel-uyelan sama anak dan bapaknya *ihiiiiy*.

Kemudian sayup-sayup terdengar suara Indah, Lita & Uwi.. “Wahai ukhti, saat hujan adalah waktu yang mustajab untuk banyak berdoa” hihihi

Dulu, waktu jadi anak rantau, setiap pas hujan, pasti selalu homesick. Rasanya pengen banget pulang, kangen emak. Apalagi, dulu tinggalnya di asrama dan sempet ngekost juga, beda aja gitu suasananya. Waktu itu…

Hujan = inget rumah

Cuman, ada yang gak disukai kalau pas musim hujan. Becek, genangan, banjir, dan genteng bocor. Tinggal di Bekasi dan beraktivitas di Jakarta, berasa berat pas musim hujan. Jalanan yang emang udah macet setiap hari, bakal bertambah 2-3x lipat level macetnya setelah hujan deras. Apalagi abis hujan di hari Jumat dan after office hour, ruaaaar biasa macetnya.

Jakarta yang terkenal dengan banjirnya, juga bikin was-was setiap musim hujan. Saya dan beberapa warga jabodetabek lainnya, yang mencari nafkah di ibukota, sudah pernah terjebak banjir. Di beberapa daerah pemukiman, kayak di tempat saya juga pernah kebanjiran parah.

Sebenarnya hujan itu kan emang waktu yang istimewa. Saat hujan itu adalah waktunya malaikat membagikan rejeki dari Allah SWT. Semua doa yang diucapkan saat hujan, inshaa Allah dikabulkan.

Setelah musim kemarau yang panjang beberapa bulan terakhir ini, banyak daerah yang kekeringan, belum lagi musibah asap. Musim hujan yang adalah saat yang paling ditunggu, sampai umat muslim di banyak tempat menyelenggarakan sholat minta turun hujan.

Tapi, manusia-manusianya aja yang emang ikut andil hingga terjadinya musibah banjir atau tanah longsor. Kalau di Jakarta, gak usah disebut banyak, udah pada tahu juga. Yang paling utama, karena udah berkurangnya daerah resapan air dan kebiasaan beberapa warganya buang sampah sembarangan.

Yang bisa kita lakuin, selain tindakan menjaga lingkungan tetap kondusif di musim hujan, adalah dengan banyak berdoa. Terutama, doa memohon jadikan hujan yang turun sebagai hujan yang bermanfaat. Biar terhindar dari musibah dan kerugiannya.

Buat anak 90-an pasti tau lagu wajib bertemakan hujan berikut ini, donk. Pas hujan turun, setel lagunya, kencengin volumenya, terus ikut nyanyi pake emosi dan penghayatan. Cucok bingits, deh. Dipasang di sini deh buat nostalgia. Buat anak baru, silahkan tonton betapa culunnya videoclip masa itu, tp grupnya kereeen, niih.

Watch “Indecent Obsession – Lady Rain” on YouTube

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.