gambar di ambil dari sini

Laras tahun ini pas berumur 3 tahun, gak brasa ya? Usia yang menurutku dan suami pikir sudah pantas untuk mulai sekolah PAUD/PG. Niat kita memang akan menyekolahkan Laras saat di pas 3 tahun biar dah cukup umurnya.

Sebenarnya gak tega juga liat anak masih 3 tahun kok dah sekolah aja, apalagi jaman Mamah Papahnya itu mulai sekolah ya umur 4-5 tahun dan itupun masuk TK. Tapi karena perbedaan jaman dan kurikulum, plus tambah gak tega liat Laras di rumah aja kurang kegiatan, kita mulai sekolahin aja Larasnya. Mudah2an dengan sekolah, Laras makin pinter bersosialisasi dan tambah ilmu. Aamiin.

Mulai lah kita cari perbandingan dan trial sekolah untuk Laras. Dalam mencari sekolah, pertimbangan utamaku adalah lokasi. Aku gak bisa cari dan trial sekolah yang di luar komplek, karena aku mikirin banget soal transportasi dan bagaimana nanti Laras pulang pergi. Mungkin kalau aku sendiri yang bisa anter jemput Laras, aku akan mempertimbangkan sekolah di luar komplek yang mutunya sekolah dan pendidikannya lebih bagus. Tapi untuk saat ini, yang dekat rumah dulu aja, dan Alhamdulillah ada 2 pilihan.

 

TK/PAUD ISLAM GEMBIRA

Sekolah ini sudah ada sejak aku masih kecil, kalau di liat ijin berdirinya sekitar akhir 80’an. Satu yayasan dengan mesjid di komplek yaitu yayasan Miftahul Jannah.

  • Lokasi : dekat dan bisa berjalan kaki kira-kira 10-15 menit
  • Jenis : sekolah islam
  • Hari / Jam masuk sekolah : Senin, Rabu, Jumat / 08.00 – 09.30 WIB
  • Uang masuk : sekitar Rp 450.000
  • SPP perbulan : Rp 70.000
  • Hasil Trial : Aku ajak Laras trial waktu itu sehari sebelum tgl 21 Kartini. Waktu itu aku sekalian simulasi untuk masuk sekolah jam 8 pagi. Laras bangun pagi sekitar jam 7 kurang ato jam 7an gitu, agak susah dibangunin dan di ajak mandi cepet2, pdhl dari malamnya dah dibilangin kalo mau nyoba sekolah besok paginya. Setelah mandi, sekarang urusan sarapan, capek juga secara Laras agak lama kalau makan. Kadang kl dalam keadaan buru-buru atau di suruh agak cepet malah jd tambah lambat bahkan ngadat *yaeyalaaah anak2 ya gitu deh*. Akhirnya baru bisa brangkat jam 1/2 9 kurang, telat sekitar 40 menit dari jam masuknya. Krn hari itu tgl 20 April, jdnya waktu trial gak gitu pas timingnya. Anak2 lagi gak belajar tp lg diajarin persiapan hari Kartini, ceritanya mo fashion show dan karnaval. Guru2 di sekolah ini, kalau aku liat seh, udah cukup umur, setidaknya dah di atas 28th. Di kelas PAUD kalau kemarin itu dibolehkan orangtua, pengasuh, mbak, nenek, atau pengantar/penunggu si anak masuk ke dalam kelas. Kurang tau jg kl hari biasa, tp kalo PG B sepertinya cmn jam makan aja baru boleh ditemani pendampingnya. Ku liat seh penanganan guru ke anak muridnya cukup baik, tapi ya gak cukup sesuai ama ajaran parenting yg sedang dimodelkan saat ini. Seperti menghindari kata “tidak”, “jangan”, tidak mengancam dsbnya. Karena sekolah islam, maka di ajari doa2 islam pendek seperti doa mau belajar, doa mau makan, doa sesudah makan, doa mau pulang dll. Istirahat 1/2 jam digunakan anak2 untuk main bebas, di sini Laras dah dapet temen main :D. Murid di kelas PG A tempat Laras trial yang nantinya akan jadi temen sekolah Laras kalau jadi masuk sini, kebanyakan cowok. Dan ada satu anak cowok yang “rusuh” banget, suka gangguin temen2nya. Duh jadi kuatir deh :(.

 

STAR KIDS

Sekolah ini bernaung di bawah yayasan pendidikan Jasmine Park dan berdiri sekitar tahun 90an akhir atau 2000an awal.

  • Lokasi : dekat dan bisa berjalan juga, kaki kira-kira 10-15 menit
  • Jenis : sekolah umum
  • Hari / Jam masuk sekolah : Senin, Rabu, Jumat (PG A) dan Selasa, Kamis,  Jumat (PG B) / 10.00 – 12.00 WIB
  • Uang masuk : sekitar Rp 1.975.000
  • SPP perbulan : Rp 225.000
  • Hasil Trial : Aku ajak Laras trial di sekolah ini hari seninnya setelah hari rabu sebelumnya trial di Gembira. Karena masuknya jam 10 pagi, untuk persiapan sebelum sekolah gak begitu ribet. Kita masih bisa agak santai dan mengikuti flow kebiasaan Laras yang lama kalau bangun, mandi dan makan. Kita agak terlambat 5-10 menit, tapi ternyata ada yg lebih telat jg. Waktu itu lagi ada perayaan ultah salah seorang murid TK nya. Semua siswa baik TK ato PG nya ikut merayakan. Laras jg ikutan, dapet kue tart dan makan siang McD, tapi ga dpt gudibek *jiaaah ngarep bgt emaknya*. Selesai ngerayain ultah, masuk ruang kelas dan belajar, pelajaran hari itu cerita tentang liburan long wiken dan kejadian alam. Muridnya di sini sekitar 10 org dan kebanyakan perempuan. Eh tp perempuannya justru yang heboh2 dan ga bisa diem :)). Laras cuman bengong aja liat temen2 barunya, mgkn dia masih adaptasi. Tapi Laras udah mau diajak ngobrol gurunya dan maju mendekat. Waktu pelajaran menggambar, laras juga jawab tiap ditanya gambar apa. Bahasa pengantar yang digunakan bahasa indonesia, tp anehnya saat berdoa, kok pake bahasa inggris ;)). Ketika mau pulang, si anak dipanggil satu-satu dan diajari nama benda alam dengan liat gambarnya, dikenalkan bahasa indonesianya dan bahasa inggrisnya. Guru2 disini masih muda kebanyakan. Kepala sekolahnya sendiri aja kelahiran 83 *berasa tua bener deh gw*

 

Begitulah hasil hunting dan trial sekolah untuk Laras yang cuman bisa dilakuin yang deket rumah aja. Untuk perbandingan gedung, TK Gembira punya bangunan sendiri yang sekomplek dengan sekolah SD nya dan didekat mesjid. Bangunannya sih dah tua dan gak bagus2 amat. Sedangkan STAR KIDS bangunannya rumah yang dikontrak pihak sekolah. STAR KIDS kelasnya ber AC tapi kl menurut ku kok malah sumpek dan gak sehat, pengalaman seharian di ruang tertutup ber AC di kantor.

So far, aku lebih sreg milih TK Gembira, karena dasarnya Islam jadi Laras sudah dibiasakan diajari doa2 pendek, sebenernya bisa aja diajari ortunya di rumah seh ;)). Dan aku senangnya di Gembira, karena byk anak tetangga yang ku kenal, juga ortu atau neneknya. Sebelah rumah aja, anaknya TK di situ, jd seengganya kalau Laras sekolah di situ bisa lah dititipin hehehe :). Pastinya juga lebih murah ya *makiritbintipelit*. Ya aku lihat di STAR KIDS lebih mahal tapi jg gak yang lebih bagus dibandingkan TK Gembira dari sisi kualitasnya. Jadi Bismillah aja deh, mudah2an masih dapet tempat di Gembira dan Laras dapet ilmu yang barokah di sana. Aamiiiin

 

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.