Sebagai orang yang hobi nonton film serial CSI, Criminal Minds, NCIS, Bones, Castle dan serial lain yang temanya detektif/polisi/agent federal, saya agak familiar dengan adegan identifikasi jenazah. Di film kayak gitu, selalu ada adegan ME (Medical Examiner) memeriksa korban yang meninggal, dengan mengotopsi untuk menentukan penyebab kematiannya.

Biasanya kalo di film, ME bakal ngasi informasi ke polisi selain soal penyebab kematian, juga ciri-ciri fisik unik, kayak ada tato, bekas luka, bentuk gigi dll. Nanti informasi itu akan dipakai polisi untuk mencocokkan dengan data orang hilang, kalau memang gak ada tanda pengenal sewaktu korban ditemukan. Orang Amrik bilang, mereka ini disebut “John/Jane Doe”. Polisi juga bisa kroscek dengan informasi yang dikasih sama keluarganya.

Sama juga dengan cara kerja mengidentifikasi korban kecelakaan. Kayak kasus kecelakaan pesawat Air Asia akhir tahun lalu, yang jadi berita besar di media. Setelah pesawat dinyatakan hilang, polisi langsung minta data antemortem dari keluarga seluruh penumpang. Data-data itu digunakan untuk membantu pengidentifikasian korban, dan dicocokkan dengan data postmortemnya.

Kalau paman Google bilang, data antemortem itu berupa ciri fisik yang terlihat, bisa baju yang dipakai sebelum kejadian, foto rontgen gigi/badan, dan ciri fisik kayak yang disebut di atas.

Nah, semalam waktu ngobrol sama mas Dicky sambil nemenin Laras belajar. Muncul aja topik tentang tanda lahir. Mas Dicky tanya, tanda lahir dia apa aja yang saya tau. Langsung mikir donk, ternyata disodorin pertanyaan kayak gitu, bikin bengong juga. Eh, begitu saya tanyain juga ke dia, ternyata dia mikir lama, nyaris gak tau hahaha. Wah, ini gimana kalau ada kejadian *amit-amit*

Kita berdua langsung sadar, ternyata penting juga buat tau ciri-ciri fisik pasangan dan anggota keluarga. Selain kontak darurat dan golongan darah. Akhirnya kita bikin list masing-masing soal ciri fisik yang paling kelihatan sampai yang paling rahasia di badan masing-masing.

Ternyata, mengenali ciri fisik sendiri juga susah loh. Kalau yang emang sering dilihat dan udah dihafal dari kecil, sih, ok. Tapi, ada tahi lalat yang baru muncul setelah kita dewasa, dan baru sadar pas kita lagi ngaca. Atau bekas jerawat, bisa juga bekas luka.

Saya sendiri paling hafal sama tanda lahir saya, yang ada di tangan. Ada juga tahi lalat di bibir, yang waktu kecil itu gak ada, dan baru keliatan belakangan ini. Apa ini nunjukin kalau waktu kecil, saya itu anak pendiam banget dan sekarang jadi orang yang bawel? Padahal saya tetep aja pendiam dan pemalu, kok.

Semoga aja kami gak pernah ada dan gak pernah harus sampai mengalami kejadian kayak yang ada di film-film detektip yang saya tonton itu. Atau, kayak yang ada di berita tentang kecelakaan. Atau, ada yang hilang/penculikan dsbnya.

Ya Alloh, kepengennya jangan sampai ngalamin ujian seperti itu. Well, itu kan maunya saya. Tapi, wallahualam. Harapan kami, dengan tau dan ingat informasi ciri diri, pasangan dan anggota keluarga lainnya,  mudah-mudahan bisa berguna kalau emang diperlukan.

Bener gak, sih? Atau saya aja yang parnoan, ya?

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.