Tren memperingati hari Kartini di sekolah dengan memakai baju adat/daerah Indonesia sudah ada sejak saya masih TK. Dulu Mama juga selalu heboh tiap bulan April, karena saya harus ikut berpartisipasi acara Kartinian di sekolah, dengan memakai baju daerah. Saya inget banget, karena jaman dulu belom ada tempat penyewaan baju adat kayak sekarang, Mama jait sendiri kebaya buat saya pakai, trus kain jaritnya juga di gunting en dibuat sesuai ukuran badan Rini kecil ;)). Pas hari H, saya didandanin Mama, dipakein bedak + lipstik merah, trs pake bando ato jepit rambut aja. Ya secara rambut saya waktu kecil always bondol, juga biar gak rempong aja. Acara di sekolah, seinget saya ya ada karnaval/pawai, jalan kaki sekitar komplek sekolah.

Nah, setelah punya anak sendiri, saya jadi ngerasain deh kehebohan di bulan April. Kalo dulu sebelum Laras sekolah, cuman bisa denger cerita dari temen, sekarang saya tau rasanya. Alhamdulillah, di deket rumah ada tetangga yang buka salon/tempat penyewaan baju adat/daerah, jadi saya seneng banget gak usah pusing, mikir kemana mesti nyewa bajunya, ato pusing karena keabisan.

Pas banget ama Aldi yang lagi cari tempat sewa baju buat Erlang, sekalian aja ikut hunting ke rumah tetangga tsb. Pilah-pilih baju mana yang bakal di pake Laras, akhirnya jatuh ke baju adat Makassar, baju Bodo. Tadinya sempet ngelirik baju-baju kebaya Jawa, tapi kok bahannya gerah ya, model kebaya kartini yang bludru gitu. Mo coba baju aceh, serba panjang modelnya, lengan + celana panjang. Mikir bakal kegerahan, ntar malah Larasnya bete. Mo nyoba baju bali, makenya kok semacam ribet en mesti dandan powl, lagi-lagi mikir soal kepraktisan. Emaknya doank yang seneng kalo itu sih, tapi ntar anaknya bete kan malah bubar jalan jadinya. Yowis, baju bodo terlihat praktis en ga gerah, karna bahannya tipis en adem. Paling ribet makein kalung en gelang-gelang, ama bandonya aja.

Acara Kartiniannya, Alhamdulillah gak pake karnaval/pawai, jadi ya at least gak bikin anak kepanasan banget lah. Sekarang lagi tren lomba fesyen show ternyata, oke deh kakak, yiuuuk mari. Di tambah ada acara mendengar dongeng anak. Dan inilah penampilan Laras di hari H-nya :

Laras berpose dengan baju Bodo

Pose en senyumnya gak nahan deh pas di rumah, Mamah + Ayahnya dah kasih semangat, kalo ntar di sekolah juga mesti gitu, dan hasilnya….

Yak, begitu fesyen show, aseli tegang bener ;)). Berhari-hari latihan jalan en pose, langsung hilang seketika

Gak papa ya nak, yang penting Laras berani. Ini Larasnya lagi ngeliat Mamahnya aja, sampe lupa mesti kasih hormat ke penonton

Mamah & Ayah tetep bangga kok sama Laras, walopun Laras gak menang lombanya. Buat kami, yang penting Laras berani tampil, gak malu-malu, en gak ada acara mogok or ngambek. Yang paling penting juga, Laras enjoy en gak merasa terpaksa. Biar gak dapet piala, tapi tiap anak dapet bingkisan dari ibu guru, itu aja Laras dah seneng banget. Cantiknya anak Mamah, jadi terharu liatnya, anak Mamah dah gede banget :x :-*

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.