>Hari sabtu tanggal 7 Juni kemarin Laras jadwal imunisasi lagi. Bulan ini Laras dapet imunisasi DPT1 + Polio + HiB1.

Kita berangkat dari rumah Eyang Pur, krn kita lagi nginep disana. Berhubung jaraknya deket kl dari Kenanga..jadi kita agak santai perginya. Laras nyobain gendongan a la Kangguru untuk pertama kalinya lho..Makasi buat Tante Hera yang udah ngelungsuri gendongannya..Laras suka lho tante ;)). Laras digendong Papa terus..soalnya Papa emang lg doyan tuh gendong Laras a la Kangguru gitu.

Sampe di rumah sakit jam 9 an, eh kita dapet no 1..Alhamdulillah..jadi ga usah lama2 ngantri kyk biasa. Malah pasiennya sepi banget..bu dokter jg blm dateng. Laras ditimbang dulu..bulan ini BB Laras 6,28kg..naek 600gr dari bulan kemaren. TB Laras 61cm..wah dah tambah tinggi ya nak.

Mama sempet kuatir nih kok BB Laras naeknya makin dikit aja ya tiap bulan. Klo jawaban bu dokter seh..emang begitu. 3 bulan awal naeknya mesti banyak, tapi makin tambah umur Laras biasanya naeknya jg makin dikit..yang penting naek aja. Kalo naeknya banyak terus bisa gendut banget deh..lagian kan Laras jg aktif.

Pas mau disuntik, bu dokter sempet nawarin mo langsung diimunisasi HiB ato ditunda dulu. Boleh aja ditunda tapi klo diimunisasi skrg lebih bagus buat cepet memproteksi..soale penyakit meningitis biasanya menyerang diatas 6 bln, jd kl bisa sblm 6 bln dah diproteksi.

Ya udah Mama milih skrg aja gabung ama DPT. Tadinya Mama milih Laras dikasih DPT yang pake panas aja soale katanya lebih bagus memproteksinya *saran dari anggota milis dan gugling*..yang klo digabung ama HiB berarti Tetract HiB…eh tapi bu dokter bilang di RS Gandaria dah gak sedia..adanya Infanrix which is gabungan DPT yg gak panas dan HiB. Lucunya bu dokter bilang kalo di RS swasta dah gak ada..en nyarinya skrg susah..di puskesmas aja dah susah. Weleh…weleh bu dokter kok jawabannya aneh ya..perasaan ada tmn2 Mama yg ngasi imunisasi anaknya pake DPT yang panas jg di RS swasta deh. Lagian klo di puskesmas masa pake yg DPT gak panas seh..kan mahal tuh secara kl puskesmas biasanya disubsidi.

Yowis lah..akhirnya Laras dapet Infanrix + Polio. Waktu disuntik seperti biasa Laras njerit bntr tapi dah itu diem lagi. Gut..gut..Laras emang pinter . Mama sempet minta Tempra ama bu dokter takut klo Laras tetep demam, soale ada jg yg pake DPT gak panas tapi tetep demam. Alhamdulillah Laras gak demam..cmn agak rewel aja malemnya. Trs ternyata bbrp hari kemudian di daerah bekas suntikan itu muncul bruntusan, Laras gak rewel seh. Pas Mama sms bu dokter ktnya itu alergi ringan thdp zat imunisasi. Sekarang seh dah mendingan en dah mo ilang bruntusannya.

Cuman yg skrg Mama masih bingung, Laras dijadwalin bu dokter buat imunisasi lagi Infanrix2 + Polio itu bulan depan. Setahu Mama kalo imunisasi HiB itu intervalnya 2 bulan deh..tapi kok bu dokter jadwalin bulan depan ya. Mama dah sms bu dokter, tapi beliau tidak menjawab :(.

Gimana nih ada yg bisa kasih pencerahan gak ya …

    One Response

  • mila says...

    >mbak.. menurut jadwal imunisasi rekomendasi IDAI, hib diberikan pertama di umur 2 bulan, selanjutnya diberikan lagi dengan jarak 2 bulan yaitu di umur 4 bulan, kemudian 6 bulan. terakhir, hib diberikan di usia 15-18 bulan. jadi total ada 4 kali pemberian imun hib ini. berari laras dapet shot hib2 nya 2 bulan dari hib1 yg lalu mbak..

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.