Alhamdulillah..akhirnya penantian selama 9 bulan lebih berakhir sudah..setelah selama 9 bulan mama menjaga kandungan biar tetap sehat akhirnya Laras lahir juga. Sejak di dalam kandungan mama dan papa berusaha untuk menjaga biar Laras tetap sehat dengan selalu rajin kontrol ke dokter kandungan tiap bulan, 2 mingguan dan akhirnya seminggu sekali. Semua makanan sehat dan vitamin dari dokter dilahap mama.

Pemeriksaan mulai dari dokter di RSIA Hermina, RSIA Tambak sampe RS Gandaria dijalanin trs, termasuk senam hamil di RS en di rumah biar mama tetap fit. Sempet sedih juga waktu mama di vonis sama dokter kalo leher rahim mama pendek yg istilah medisnya cervixal incompetence dan dikuatirkan Laras bakal lahir prematur. Mana sempet di vonis mesti ngejalanin operasi circlage yaitu operasi pengikatan mulut rahim..waaaaa mama kan ngeri kl denger kata2 operasi. Tp Alhamdulillah..akhirnya mama bisa ngelewatin itu semua dengan baik tanpa operasi dan hanya bedrest aja selama 2 minggu. Thanks to dr Ahmad Mediana SPOG juga buat support dan semangat serta bantuannya selama mama mengandung Laras sampe bantuin proses kelahiran Laras… Pak dokter emang baiiiiikkk deh hihihihi

Proses kelahiran Laras itu diawali rasa mules en kontraksi tgl 15 Februari 08 jam 1/2 5 pagi. Sebelumnya mulai tgl 9 Februari, mama dah sering liat flek2 en lendir2 coklat di CD mama, tp blm ada kontraksi. Sampe bolak – balik ke RS di cek pake CTG dan periksa dalem pun blm terlihat ada pembukaan. Terakhir cek hari kamis tgl 14 Februari, waktu itu dr Ahmad bilang msh blm ada pembukaan dan dia blg mgkn tgl 21 Februari baru lahir dan dia akan nunggu sampe tgl 28 Februari. Ya udah pulang kontrol, mama jalan2 aja di Blok M plasa ama Eyang Nik hihihihi. Sampe rumah pun mama jalan bolak – balik di dalem rumah dengan harapan Laras cepet turun, abis dr Ahmad bilang mama mesti rajin jalan2.

Akhirnya bsk paginya mama kebangun jam 1/2 5 krn ngerasa perut mama sakit bgt kyk mules mo mens tp ada berasa mo pup jg. Cmn pas ditongkrongin di WC kok ga keluar2 juga tuh pupi. Ya udah mama balik ke kamar aja sholat subuh en berusaha bobok lg. Tp kok tiap 1/2 jam perut mama sakit ya. Mama bangunin papa aja, trs ya kita berusaha ttp tenang en ga panik. Mama jg masih bisa nahan sakit krn jaraknya jg cmn 1/2 jam sekali. Papa mutusin untuk ngehubungin dr Ahmad en siap2 ke RS. Pak dokter bilang coba ke RS biar diperiksa lagi. Jam 1/2 8 kita akhirnya pergi ke RS ditemenin eyang Nik.

Sepanjang jalan mama coba ngitungin trs jarak en durasi mulesnya, tp sempet kepikiran jg kl blm ada bukaan jg en disuruh pulang lg..wah sebel jg. Akhirnya mama berdoa aja kl emang hari itu Laras mo lahir..supaya diberi kemudahan dan mama coba ajak omong Laras trs dalem hati supaya Laras mo kompakan ama mama pas proses lahiran. Sampe RS, seperti biasa antrian pasien pak dokter byk. Sama suster mama lsg disuruh cek CTG, tp sempet diulang 2x krn mnrt dokter gak akurat hasilnya. Wah mama sempet deg2an jg, takut disuruh pulang lg. Akhirnya masuk ruangan periksa pas di periksa dalem, dr bilang mama dah pembukaan 2-3 dan lsg disuruh masuk kamar perawatan dan bakal dicek lg 7-8 jam lg.

Senangnya mama..krn bentar lg bisa ketemuan ama Laras. Pak dokter blg, selama mama msh bisa mobilisasi jalan2 aja dulu di sekitar RS. Akhirnya setelah papa ngurus2 buat masuk kamar perawatan, kita jalan2 aja..makan siang di Resto Kusuma Sari deket RS. Alhamdulillah mama masih bisa nahan sakitnya kontraksi yang lama2 dah 10 menit sekali. Tiap kontraksi dateng, mama coba nerapin teori pernafasan yang diajarin di senam hamil dan gak lupa berdoa trs minta kekuatan. Mama juga coba jalan2 liat bayi di kamar bayi biar nambah semangat mama. Mandi sore seperti biasa, gak lupa BAB juga biar nanti pas proses lahirannya gak keluar tuh pupi hihihihi.

Menjelang maghrib kontraksi dah 10 menit sekali, gak sabar nunggu jam 7 malem krn itu waktunya periksa dalem lagi. Akhirnya pas jam 7 bidan periksa dalem en ktnya pembukaan 4. Waaahh..mama sempet panik lg..kok setelah sekian lama en sakitnya makin sering tp kok baru bukaan 4…terus terang mama takut kl prosesnya lama en pake diinduksi. Mulai jam 8..sakitnya makin menjadi2..dan kontraksi kyknya dah 2-3x dlm waktu 10 menit. Mama msh berusaha jalan2 di dalem kamar..msh sholat Isya juga walopun rasanya sakit banget. Selama sakit itu papa juga nemenin mama trs, megangin tangan mama en ngelus2 punggung mama walopun sempet sibuk sendiri ama HPnya..nyebelin deh.

Lama2 mama gak tahan sama sakitnya..pdhl td bidan blg jam 11 malem baru akan diperiksa lagi. Tp jam 1/2 10 mama dah gak tahan, jarak kontraksinya dah 3 menit sekali. Mama bilang ke papa aja minta bidan priksa lagi, akhirnya bener deh pas priksa dalem mama dah pembukaan 7. Gak berapa lama akhirnya mama disuruh buat pindah ke ruang bersalin.Ok..akhirnya inilah waktunya tiba..mama deg2an juga..sampe di ruang bersalin mama ganti baju en disuruh tidur di tempat tidur persalinan. Disinilah kyknya waktu rasanya lama banget..rasanya mama dah mulai pgn ngeden en berasa pgn BAB, tp pembukaan blm lengkap jadi bidan blm bolehin mama ngeden. Pdhl rasanya nahan tuh waaaahhh sakit en gak enak bgt. Jam 10 malem pak dokter baru dateng, tp mama msh blm boleh ngeden jg krn msh pembukaan 8-9 gitu. Selama nahan sakit itu, mama cuman bisa melukin papa aja, ngeremes2 tangannya en gigit2 jg hihihi..tp papa sabar banget deh..kasih semangat mama trs…makasih ya paaaaa

Pak dokter bilang Laras bakal lahir tgl 15 Februari pas hari jumat itu, tp sampe proses pembukaan lengkap itu kok lama banget, mama jadi tersiksa sekali disuruh nahan ngeden..dikiranya gampang apa ya..pdhl itu kan refleks…mama jd sebel aja ama dokter en bidannya hehehe. Untung mama ga mengeluarkan sumpah serapah…njerit2 seh hihihi..malu jg ama pak dokter…untung gak minta sesar. Krn mama dah mulai kepayahan en mulesnya suka ilang2..mama akhirnya di infus en diinduksi dikit..pdhl dah bukaan 8-9 tuh…wah mulesnya makin hebat deh. Akhirnya jam 12an pembukaan dah lengkap, dan mama dah disuruh untuk ngeden..segala usaha ngeden mama lakuin sempet lupa jg caranya ngeden en sering salah..huhuhu kl dah gitu kan teori lupa semua.

Mama gak inget brp kali mama ngeden, pokoknya disuruh ambil nafas en ngeden ya mama lakuin tiap kontraksi. Alhamdulillah akhirnya Laras keluar juga..dan Laras nangis kenceng. Mama sempet gak percaya kalo Laras dah lahir..sampe mama tanya ke papa..en gak lama kemudian dr Rossi..dsanya Laras bawa Laras ke dada mama buat IMD. Mama terharu banget waktu pertama kali liat Laras..mama gak berentinya ngucapin Alhamdulillah en Allahu Akbar… Papa jg langsung ngazanin en iqomahin Laras…kita bener2 bahagia sekali liat Laras.

Laras lahir tanggal 16 Februari 2008 jam 00.10 dengan berat 2760gr dan panjang 47cm. Setelah proses lahiran semua sakit yang dirasain sebanding dengan kebahagian yang didapet..rasa sakitnya dah lupa semua tp bekas jahitannya seh berasa sakit banget en senut2 sampe mama ga bisa tidur hihihihi. Mama berusaha untuk ngasi ASI ke Laras semampu mama mulai dari abis lahiran sampe sekarang. Tp mama sempet sakit tuh pas di RS..demam en meriang mgkn krn proses ASI en pake diare segala. Jadinya Laras sempet kena sufor.Itulah proses lahirnya Laras…Mama dan Papa berdoa semoga Laras jadi anak yang sehat, pinter, cantik luar dalam, sholehah, berbakti kepada orang tua dan taat kepada Allah SWT. Oiya nama lengkap Laras adalah Malaika Larasati…cerita dibalik pemberian nama itu mama ambil dr blognya papa. I love U Laras anakku sayang….

    One Response

  • £êmòñâðè says...

    >wah selamat yaaa atas kelahiran Laras, turut bahagia ibu dan bayi selamat dan sehat walafiat

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.