>

Membaca, melihat dan mendengar berita yang lagi hangat-hangatnya belakangan ini, bikin aku miris dan cuman bisa menghela nafas. Berita tentang beberapa kejadian di dalam dunia pendidikan akhir2 ini cukup mengerikan. Belum lagi selesai dan masih terus dibahas di media soal STPDN/IPDN yang gosh..dah mulai bosen juga dengernya dan capek aja ama bahasan sapa yang salah, ternyata kejadian yang lebih mengerikan juga terjadi di Amrik sana dimana terjadi pembantaian masal di kampus Virginia Tech yang dilakukan oleh salah satu mahasiswanya sendiri. Yang lebih menyedihkan, ada 1 mahasiswa Indonesia yang lagi menuntut ilmu S3 ikut jadi salah korban tewas dari total 33 korban.

Dan siang ini aku dikagetkan lagi setelah baca berita di detik, tentang siswa-siswa SMA kelas 3 di Jember yang selesai menjalankan UN, ngamuk mecahin kaca jendela sekolah dan parahnya lagi menggebuki salah satu pengawas yang notabene adalah seorang guru..dan wanita pula..ibu guru..gila!!!. Dah ga bisa bayangin deh aku, mana alesannya tuh gara-gara ga seneng dengan pengawasan ujian yang terlalu ketat…what the hell was that????

Aku bingung aja, kenapa begitu banyak hal kekerasan yang terjadi di lingkungan pendidikan sampe segitu brutalnya. Oke lah jaman aku dulu sekolah (SD-SMA red) terjadi juga kekerasan bahkan tawuran..tapi gebukin pengawas/ibu guru cuman gara2 ngawasin ujian. Kok ga masuk akal banget ya..pada mikir apa seh anak-anak itu ?. Apa mungkin mereka stres ngadepin UN yang katanya emang berat banget buat bisa lulus, pengalaman dari tahun lalu sampe ada 1 sekolah ga ada yg lulus. Belum kejadian2 lain, seperti yang sekarang banyak dibahas di media. Ya gak tau lah mana yang bener dan mana yang engga, kan aku gak tau keadaan di dalem sebenernya gimana, karena cuman tau dari media. Lalu, kejadian di Amrik sana, begitu gampang kekerasan dan kriminal muncul di lingkungan yang mestinya penuh dengan ketenangan dan kedamaian buat mendukung orang-orang yang ada didalamnya bisa melakukan kegiatan belajar dan mengajar dengan baik. Lingkungan yang merupakan mungkin tempat teraman buat kita, anak-anak kita, adik kakak kita, sodara atau teman kita berada, akhirnya juga mulai jadi tempat yang bikin kita mikir bahwa sewaktu2 kejahatan/kekerasan bakal muncul tiba-tiba. Tugas pelajar tuh bukannya belajar, plis deh jalankan tugas tersebut dengan baik deh. Jangan ngelakuin apa yang dilakukan penjahat ato kriminal, mending pikirin aja masa depan biar bisa berguna buat diri sendiri, keluarga, bangsa, dan pasti agama.

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.