Di Jakarta ini kayaknya kurang tempat rekreasi yang bersifat alam atau outdoor ya, apalagi untuk anak-anak dan keluarga. Paling banter bakal rekreasi lagi ke mol, itupun ngider doank nganter anak main en makan, mo shopping juga dokunya *jiahaha doku, thn brp sih ini* terbatas.

Begitu pun dengan kita, seringnya ke mol lagi..mol lagi. Rasanya bosen aja gitu, yang diliat en yang dinikmati itu-itu aja, cuman kemewahan & kegemerlapan. Kayaknya gak baik juga kalo Laras cuman di ajak ke mol, dia gak bakal tau ada tempat lain yang bisa dinikmati untuk rekreasi.

Maka dari itu, aku en si papah suka cari tempat rekreasi keluarga yang asik selain mol dan murce juga pastinya *makirit*, yah maklum aku dari kecil dah selalu dibiasain hemat dan irit :p. Akhirnya hari minggu kemarin, kita piknik ke Ancol sekalian ngajak Laras main di pantainya. Itupun sengaja berangkat pagi-pagi biar sebelum jam 7 udah sampe sana, maksudnya cari diskonan getoh, biar cuman di diskon 5rb perak tapi penting itu hehehe.

Dari rumah aku udah nyiapin perbekalan biar di Ancol gak jajan plus bawa alas/tiker sendiri *ini irit ato pelit sih, ah biarin deh*. Karena perginya pagi-pagi, jadi males juga kalo mesti masak yang berat, akhirnya diputuskan untuk makan sandwich aja di sana. Jadilah hari sebelumnya aku belanja perlengkapan untuk bikin sandwich, sayur-sayuran, keju, roti, daging burger dll. Sebelum berangkat tinggal goreng dagingnya en packing peralatan pikniknya.

Emang sih pantai Ancol gak kayak anyer yang indah ato pantai nusa dua yang bersih dengan pantai putihnya, apalagi ama pantai di bora-bora, jauh banget. Apalagi pantainya gak kayak jaman aku kecil dulu yang di tiap sisinya bisa mandi, gak ditembokin kayak sekarang dan lebih bersih jaman dulu. Sekarang tuh kayaknya tambah item dan kotor karena polusi sampah dan limbah industri. Untuk bisa main air dan berenang harus di sisi beach poolnya. Tapi Laras seneng dan menikmati main-main air di sana, yang jelas selesai berenang mesti mandi yang bersih dan minum air putih yang banyak :). Yah biar sikonnya kayak gitu kita jabanin aja, intinya biar Laras tau juga rekreasi rakyat dan tau alam sekitarnya.

Asik juga loh ternyata piknik di pinggir pantai gitu, sambil menghirup udara pantai di pagi hari, sun-bathing, sambil sarapan sandwich, pokoke berasa berlibur di pulau pribadi dah :)). Semoga ajah nanti bisa beneran liburan ke maladewa ato bora-bora deh..aamiin.

Fasilitas toilet umum dan untuk bilas juga lumayan bersih kok, gak kayak bayanganku sebelumnya bakal nemu tempat bilas yang kotor dan rebutan plus air bersih yang seret. Paling kotornya karena banyak sisa-sisa pasir pantai aja sih, ama beberapa bungkus sabun, tapi cukup terawat lah dan petugasnya rajin bersihin.

Beres main dan bersih-bersih, kita jalan di sekitar pantai dan ke dermaga jadi-jadian untuk foto-foto. Mumpung papah bawa DSLR-nya dan karena dulu gak foto prewed di ancol, jadi papah motoin mamah & Laras aja deh :).

 

Berikut tips jadi-jadian ala Mamah Laras piknik ke Ancol :

1. Untuk dapet diskon HTM kawasan Ancol di hari minggu, datanglah sebelum jam 7 pagi. HTM normal 15rb/orang, mobil 15rb tapi kalo dateng sebelum jam 7, HTMnya 10rb/org, kalo mobil tetep. Motor ada HTMnya juga, tapi gak tau persisnya berapa *sori gak bantu* :p. Oiya, dateng pagi juga lebih enak karena masih sepi, dan cari parkir gak susah krn banyak area yang ditutup karena ada car free day yang mulai dari jam 6 – 10 pagi.

2. Bawa alas tiker sendiri kalo mau irit, ada sih jasa penyewaan tiker. Tapi maaf juga kemarin gak nanya, tapi banyak kok yang nyewain jadi jgn takut gak kebagian.

3. Bawa makanan sendiri juga demi pengiritan, tapi kalo males ada beberapa resto siap saji macam KFC ato McD gitu kok. Ada Resto Le Bridge di daerah pantai yang kalo mau ke situ mesti menyusuri jembatan kurleb 300m, romantis juga sih makan disitu apalagi kalo sama pacar ya..ihiiiy.

4. Untuk anak-anak, ada penyewaan ban renang seharga 10rb untuk dipakai sepuasnya asal jangan di bawa pulang aja :D. Bentuknya ada yang bulet biasa kayak ban pinggang pada umumnya, ada juga bentuk bebek. Jadi inget, jaman kecil, ban yang disewain tuh ban dalem mobil yang item itu :)).

5. Mau main & bikin istana pasir, banyak pedagang di sekitar pantai yang ngejual sepaket mainan, kayak ember plastik kecil, garpu tanah, sendok tanah dll.

6. Sebelum nyemplung air, pake sunblock deh. Karena biar pagi, tapi bisa bikin kulit jadi item juga.

7. Buat yang bawa anak-anak, tolong dijaga ya, baik yang berenang ato yang main di pinggiran jangan sampai lepas dari pengawasan. Tempatnya rame banget soalnya & menjaga hal-hal yang gak diinginkan. Temen sekolahnya Laras pernah ilang di Ancol, untung aja ketemu :(.

8. Selesai berenang di pantai, mandilah yang bersih di tempat bilas atau toilet yang tersedia. Inget ya, mesti bener-bener bersih apalagi buat anak-anak. Kalo perlu sampai di rumah, mandi & keramas lagi yang bersih.

9. Buat yang suka foto-foto, boleh dinikmati dan dimanfaatkan, karena lumayan lah pemandangannya :).

Demikian tips yang bisa di share, selamat menikmati rekreasi murah meriah di Ancol ya, jangan lupa bagi-bagi cerita en fotonya.

    2 Responses

  • bambang reskyawan says...

    Tips nya seru jugaa…

  • R33n3e says...

    eh ada om bengky, Alhamdulillah ya..sesuatu banget :D

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.