Penasaran sama yang katanya kalo di tempat gym bonapit bisa ngitung persentasi lemak tubuh, saya jadi tanya ama om gugel dengan key “menghitung lemak tubuh”. Dan, di urutan teratas muncul link yang keren ini. Saya yang penasaran sama jumlah lemak yang ada di tubuh sendiri, langsung ngisi kolom-kolom yang ada.

“Eh, tapi kan angkanya bisa dikarang-karang”.

Yep, emang..tapi saya kan emang pengen tau, gimana hasil dari “diet” & latihan sebulanan lebih ini. Sebelumnya saya emang suka nyatet hasil pengukuran lingkar tubuh di BB. Jadi mayan lah masih ada track recordnya.

Di mulai dengan hasil pengukuran bulan Desember 2011

ada kata-kata kegemukan *tutupmuka*

 

Tanggal 19 Juni 2012

seminggu setelah aktif ikut latihan, berat badan masih sama, tapi lingkar pinggang mulai turun

Tanggal 13 Juli 2012, sebelum puasa

masih loh kegemukan >_<, tapi lingkar pinggang turun lagi

Hasil ngukur hari ini, 27 Juli 2012

sminggu puasa, masih tetep latihan, berat badan turun, lingkar tubuh juga turun \ ^_^ /

Alhamdulillah, di bulan Ramadhan ini, puasa masih lancar. Latihan beban + erobik juga masih jalan, walopun waktunya dikurangi. Cuman gak enaknya, tempatnya jadi sepi, jadi agak gak semangat. Mungkin wiken bakal dicoba tetep olahraga, biar sekedar jalan kaki ato naik sepeda, kalo lari kayaknya agak males kalo sore-sore. Buat saya, kalo lari enaknya tuh pagi-pagi, udara masih seger *ngeles*.

Untuk menu sahur & buka, saya lagi nyoba nerapin #FoodCombining. Jadi, biasanya yang kalo sahur suka kalap, apalagi pas bukanya. Kali ini, sahur, diawali air perasan lemon + air hangat (kalo lagi ada). Abis itu makan buah, makanya sekarang lagi hobi belanja buah-buahan, diusahain ada jeda sebentar 15 menit (idealnya sih 30 menit, tapi susah mo bangun lebih awal), baru makan nasi sedikit 1-2 sdm, protein nabati kalo bisa, plus sayur-sayuran mentah yang banyak. Dari kemarin sih saya makan sayurnya kalo gak tomat, selada air, lettuce, timun ato rebusan brokoli. Alhamdulillah, masih bertahan puasa seharian. Minggu berikutnya, mo nyoba pure buah-buahan aja.

Untuk bukanya, tahun-tahun lalu selalu pake teh anget manis plus kolak-kolakan ato es buah/es teler/es campur, pokoknya yang manis-manis. Tahun ini, saya awali pake air putih aja, terus makan buah yang juga manis. Karena buka selalu di kantor, sebelumnya latihan dulu sejam, makan malem baru di rumah. Makan juga gak terlalu banyak yang penting diusahain gak nyampur karbo & protein hewani, jadi lagi hobi ama tahu+tempe, sayang mereka lagi langka sekarang :(.

Saya belum terlalu ekstrim sih FCnya, secara makan masih nyampur kalo di rumah, & blum nerapin FC ke orang-orang rumah. Tapi, udah mulai ngenalin ke orang rumah juga terutama hubby. Semoga kalo hasilnya baik, saya coba bener-bener nerapin ke keluarga.

So, puasa gak jadi halangan buat terus olahraga & hidup sehat dooonk :)

 

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.