Scene pertama, obrolan di Yahoo Messenger hari ini

BFF : riiiiin

saya : yeess

BFF : besok sabtu ada reuni SMP nih, dateng gak ya?

saya : ya dateng aja

BFF : takut ketemu

saya : ketemu sapa?

BFF : ketemu mantan *icon shy shy cat*

saya : trs kenapa?

BFF : laaaah??

saya : lah bener kan? emang kenapa? mantan ini kan? bukan demit?

BFF : iya sih *muka datar*

 

Scene ke 2, obrolan pasutri kece yang imut-imut ngegemesin

Me : Pah ada reuni akbar I** tuh?

Him : Ow.. *lempeng*

Me : gak dateng?

Him : males *masih lempeng*

Me : emang kenapa, sapa tau ketemu temen or ketemu gebetan gitu.. *towel-towel*

Him : coba bawahan dikit mah *muka menggoda**abaikan* ogah ah, paling isinya gitu-gitu aja

Me : gitu-gitu gimana, asik tau reuni

Him : reuni almamaterku tuh cuman buat jadi ajang pamer aja, males, gak asik. obrolan gak nyambung, paling yg asik cuman beberapa aja, tapi mereka pasti juga ga dateng.

Me : oow *angguk-angguk*

Begitulah sekelumit obrolan tentang suatu event temu kangen dengan teman-teman lama, biasanya sih temen sekolah ya.

Saya sendiri beberapa kali hadir di acara reuni. Saya pribadi gak pernah punya masalah dengan event tersebut. Kalo diundang, pas bisa dateng ya dateng, kalo gak bisa ya udah, santai aja. Pertama kali reuni sekolah yang saya hadiri adalah reuni SD di tahun 1997. Kebetulan waktu itu reuni SD di kelapa gading, FYI saya sekolah di SD negeri di daerah kelapa gading sampai kelas 5, terus pindah ke bekasi, otomatis pindah juga SDnya dan merasakan SD bekasi selama setaun.

Reuni SD saya yg pertama itu berlangsung di rumah salah satu teman sekolah dulu. Agak aneh dan agak gak nyambung sebenernya waktu itu, ya mungkin karena setelah sekian lama gak ketemu dan berhubungan lagi ama temen-temen terus tiba-tiba ketemu dan agak lupa-lupa inget aja sama mereka. Mereka juga gitu ke saya. Tapi cukup seneng juga, ketemu ama gebetan waktu jaman piyik dulu :)). Untung aja salah satu teman SD dulu itu ada yang satu SMA, jadinya pas ke reuni kita barengan aja, mana kita sama-sama anak yang gak lulus dari SD situ karena harus pindah sekolah, seneng aja ada yang senasib sepenanggungan.

Kalo SD yang di bekasi sebenernya udah ngadain reuni, waktu itu bikin acara nginep di puncak. Kalo gak salah sekitar taun 2003an, tapi saya gak bisa ikut karena mesti dateng di acara nikahan temen kuliah. Tapi berhubung kalo sama temen SD yang di bekasi masih ada yang sekomplek atau satu SMP dan SMA, jadi malah ketemu di reuni SMP dan SMA.

Reuni SMP diadain tahun 2009, yah belum terlalu lama. Acaranya diadain di salah satu cafe di daerah Harapan Indah bekasi. Nah ini aneh juga, SMPnya di jaktim tapi reuninya di bekasi ;)). Untuk acara sendiri cukup seru, kita mesti pake dresscode, trs ada tuker kado, games, dan mengundang 2 guru kita dulu. Yang hadir cukup banyak, tapi gak sampe sejumlah siswa seangkatan dulu. Tapi cukup menghibur dan kangen-kangenan ama temen lama.

Sedangkan reuni SMA, justru berlangsung sebelum reuni SMP. Nah kalo reuni SMA ini salut ama panitianya, cuman 3 orang bok *sembahsujudtepuktangan*. Dari 3 orang ini, bisa ngumpulin temen-temen sebanyak 45-50 orang, dan acaranya walaupun gak semeriah reuni SMP tapi cukup seru, yah wajar dengan persiapan pendek yang cuman di bikin sama 3 orang aja. Sebenernya dulu udah pernah ada reuni akbar yang diadain di sekolah, tapi untuk angkatan saya sendiri yang hadir juga gak banyak, kalo di itung ya sejumlah siswa sekelas dulu lah. Tapi kualitasnya kurang dibanding reuni yang diadain kemarin ini, di reuni yang terakhir ini kita bisa lebih akrab dan lebih nyambung aja.

Terus reuni ama temen-temen kuliah pernah gak? terus terang susah bener ngumpulin temen-temen kuliah :)). Pernah rencana buka puasa bareng untuk temen-temen yang di jakarta, eh akhirnya bubar jalan. Ada reuni temen-temen yang di bandung, pesertanya juga dikit banget. Reuni akbar di kampus, gak semuanya bisa ke bandung. Pernah ada janjian kumpul-kumpul ama temen sekelas, dan yang berhasil kumpul cuma 5 orang aja :)).

Emang ya, gak gampang buat ngumpulin temen-temen yang udah punya kesibukan masing-masing, apalagi udah berkeluarga, terus ada juga yang gak tinggal di jakarta. Atau mungkin ada yang berpikiran “ah males” untuk ketemu ama temen-temen lamanya. Bisa takut ketemu mantan, ketemu “musuh” jaman dulu, minder, atau justru ada yang underestimate ke temen-temen lamanya.

Buat saya, di antara event reuni yang pernah didatengin, jujur yang paling nyambung en paling berkesan pas di reuni SMA. Mungkin karena saya sangat menikmati masa-masa SMA, dan punya temen-temen segenk yang sampe sekarang masih rutin kontak dan ketemuan. Bukan berarti masa SD atau SMP gak indah dan gak dinikmati, tapi gimana ya, gak nyambung aja sih kayaknya dengan temen-temen. Hubungan sih gak pernah ada masalah, di jaman SMP juga punya gebetan-gebetan tapi kok rasanya gak seindah masa SMA gitu loh, mungkin masa SMA tuh biarpun banyak galaunya tapi galau yang indah gitu loh :)).

Senengnya itu kalo di reuni ketemu temen yang dari jaman dulu sampe sekarang gak berubah, maksudnya tetep asik, gak sombong, bahkan lebih baik. Seneng banget sama temen-temen yang sekarang berhasil dan mapan, banyak loh temen-temen yang dulunya mungkin biasa aja, bandel, kayak gak peduli sama sekolah, tapi sekarang, punya keluarga yang hepi, karirnya bagus, jadi ganteng or cantik. Apalagi kalo gebetan, duuuh rasanya pengen gebet dia lagi deh minder aja gitu ;)).

Ada salah satu temen yang dulunya tuh jadi bahan ceng-cengan temen-temen karena kepedean dan mungkin kalo ibarat di film glee, nih anak salah satu anggota glee yg selalu di bully. Kemarin waktu reuni dia dateng, eh gayanya masih sama loh kayak jaman sekolah dulu, dan temen-temen masih aja beberapa yang ceng-cengin dia walopun gak separah jaman dulu, emang jahat deh. Hebatnya ya di depan kita dia merasa biasa aja, malah makin pede, gak tau juga sebenernya dalam hatinya sadar gak sih kalo dia dibully gitu. Saya cukup salut sama dia.

Ada juga temen yang dulu juga jadi bahan bully-an, dia gak dateng ke acara reuni. Entah juga emang dia berhalangan atau sengaja gak mau dateng. Tapi bocoran dari temen sih, tiap acara reuni SMP dia selalu hadir, tapi gak tau kenapa pas di ajak ke reuni SMA dia ga merespon. Mudah-mudahan sih emang berhalangan hadir ya, dan udah gak ada dendam lagi sama temen-temen yang dulu suka mem-bully dia. Satu yang emang saya setuju, jangan deh kita mem-bully orang karena efeknya sangat jelek banget ke orang yang ngalamin.

Terus apa iya, reuni itu jadi ajang pamer. Yah kalo saya pribadi sih biarin aja lah orang mo pamer. Mungkin emang ada orang yang pamer-pamer tentang kelebihan sekarang, kalo emang lagi pamer gitu tinggalin aja :)). Banyak juga kok hal positif yang bisa di ambil dari acara reuni, yang jelas menyambung tali silaturahim itu manfaatnya kan untuk memperpanjang umur kan? Terus bisa nambah networking juga, sapa tau kita bisa menjemput rejeki lewat berhubungan dengan mereka. Bisa juga yang masih single bisa menjemput jodohnya, nah ini kan dah bener banget bukan :p. Ato bisa besanan kek, dengan jodohin anak masing-masing dan segala hal positif lainnya, ya gak? ya gak?

Jadi buat saya, reuni adalah salah satu social networking yang sebenernya banyak manfaatnya. Apalagi dengan adanya FB, twitter, or socmed yang lain bisa nambah erat hubungan antar teman. Seenggaknya kita tau lah temen kita gimana sekarang, sewaktu-waktu nanti kita perlu sama dia, kita bisa gampang ngehubunginya. Lagian buat saya, kayaknya gak afdol gitu kalo cuma berhubungan via socmed aja, sesekali lah ketemuan langsung kalo emang ada waktu, biar gimana pun ngobrol di dunia nyata lebih seru dibanding di dunia maya. Makanya saya semangat banget kalo ada acara kopdar or reuni, kayaknya tuh semangat aja gitu. Apalagi kalo acara ketemuannya juga sakseis, wah bisa boost semangat banget deh en jadi gak sabar buat nunggu pertemuan berikutnya. Buat saya punya temen itu kayak punya sodara, jadi nambah temen ya nambah sodara :). Dan enak banget kalo punya sodara banyak dan dimana-mana. Mudah-mudahan begitu juga perasaan temen-temen saya ya ;)

Berikut foto-foto reuni SMP dan SMA yang ada di koleksi.

 

bareng temen-temen SMP

 

bareng temen-temen SMA

 

    2 Responses

  • Dhira says...

    Hihihi lucu!
    Aku tuh mbak kalo ama temen2 SMP-SMA-Kuliah kayak nggak nyambung abisan aku menikah duluan loh huahahahahahha.. Jadi pas temen2ku mulai naksir-naksiran mau pacran serius, aku udah berbuntut!
    Dah gitu acara reuniannya selaluuu nyambung clubbing, tak mungkin ikut euy!

  • R33n3e says...

    wah kl acaranya clubbing ga asik jg ya buat yg ga gitu doyan, mestinya sih bikin acaranya yg netral semua bisa ikut.
    Eh tp Dhir, biar nyambung mestinya dateng aja, kan bisa jadi mentor secara dah jago ilmu membangun keluarga samara xixixi

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.