…adalah salah satu kalimat yang paling terkenal di film Fast & Furious..iyeee ini masih kena demamnya, setelah semalem nonton FF6. Joe Taslim keren, ya, booook? Duh bangga deh liat dia ikut main di FF6. Apalagi Paul Walker, duuuh ganteng bener.

Eh, tapi, saya gak akan bahas soal film FF6, sih. Saya jadi terinspirasi aja ama kalimat “Race or Die” itu. Artinya dalem bener, dan jadi pengen cerita, soal event run race yang pernah saya ikutin. Jauh bener yak, analoginya, padahal mah masih atlet amatir, boro-boro atlet dah :)).

Ada temen ato sodara yang suka tanya, event run race itu apa sih? Ngapain ikutan gituan? Untungnya apa?

Dan pertanyaan yang paling penting, “menang gak?” #menurutngana

Well, sama seperti yang udah pernah saya tulis, tentang hobi baru saya.  Saya perlu menjaga agar dalam menjalani hobi tersebut, saya gak merasa cepet bosen dan tetap semangat. Lari kan sebenernya kegiatan yang monoton, apalagi kalo kita latihan sendiri dengan rute yang sama setiap hari. Untung aja saya lari 3-4x seminggu, kalo tiap lari cuman di komplek aja, lama-lama saya bisa nyerah karena bosen.

Nah, salah satunya, lari dengan rute atau suasana baru. Makanya, saya suka bela-belain lari bareng temen-temen kantor, seminggu sekali di GBK, atau kalo ada ajakan lari bareng temen di sekitar rumah, saya pasti semangat. Dengan ikut event run race, selain dapet rute lari baru, suasananya juga beda banget ama lari sendiri atau lari biasa. Setelah ngerasain sendiri, dengan ikut perdana event Charity Run Race di Ragunan, terus terang saya jadi nagih :D

Seneng lho, liat antusiasnya para peserta di tiap event race, jadi berasa atlet beneran. Apalagi kalo yang di barisan awal garis start, mereka rata-rata atlet atau yang larinya dah jago, biasanya persiapan dan suasana persaingan lebih berasa. Sedangkan saya yang sebenernya juga punya jiwa kompetitip, ikut saran orang yang udah pengalaman aja, bahwa kita harus sadar ama kemampuan dan pace diri sendiri. Jadi saya ambil barisan tengah atau belakang, barengan ama peserta yang kecepatannya sama hehehe. Di event run race juga bisa cuci mata *itukalosayasih*, saya seneng aja liat orang pake atribut lari yang keren-keren, terutama kalo pemakainya juga keren ;).

Begitu start flag diangkat, adrenalin rasanya langsung naik, dan otomatis rasanya semangat dan pengen lari cepet, biar gak ketinggalan rombongan. Setelah 2x ikut event run race, saya mulai belajar, kalo kita juga harus ngatur ritme lari sesuai kemampuan. Jangan sampe, gas pol di awal, tapi begitu kilometer pertengahan, akhirnya habis tenaga dan lemes buat sampe ke garis finish. Apalagi, kalo kita lari jarak jauh, kayak 10K. Buat saya, 10K itu dah long run. Saya cukup nekat sih, baru ikut race 5K sekali, langsung ikutan race 10K di event berikutnya.

Di event Wine and Cheese Run 10K 2013 kemarin, Alhamdulillah banget bisa tercapai goal saya, which is, bisa nyampe finish dan gak diangkut panitia :)). Ya, secara, belum pernah lari sejauh itu *paling jauh waktu latihan adalah 7K*, udah gitu malamnya saya susah tidur. Rasanya dah takut pingsan aja, jadinya saya bener-bener nothing to lose, lari santai, dan terus semangatin diri. Senengnya ikut event run race, sesama peserta pun saling menyemangati, marshall juga kasih semangat terus ke peserta, termasuk bapak-bapak Polisi yang jagain di sepanjang jalan. Duuh, terharu banget dan berasa jadi orang penting deh :p.

Untuk sekarang, motivasi saya ikut event run race adalah sekedar berpartisipasi aja, belum ngincer jadi pemenang atau gelar tertentu. Paling top, pengen break record diri sendiri di tiap event, misal, di event A, lari 5K bisa 50 menit, di event B 5K, pengen bisa 30 menit aja. Kalau udah sanggup jarak tertentu, nanti naik level ikut 10K, terus meningkat nyobain Half Marathon, dan sapa tau aja nanti, someday bisa ikutan lari Marathon, mungkin di Perancis atau Gold Coast :)). Amiiiin..

Dan yang penting juga, jiwa narsis saya yang selalu pengen eksis di dunia maya, terpenuhi donk. Kan keren tuh pasang foto di path ato twitter, foto diri dengan pose cium medali =))

Next event, adalah Halo Fit Run tanggal 9 Juni, saya ikut 5K aja, masih rada “kapok” ikut yang 10K :p. Ada sih event 10K tanggal 23 Juni, yang ini termasuk salah satu event bergengsi, Jakarta International 10K atau yang disebut MiloRun, yang ini daftarnya gretong. Tapi masih belum tau, bakal ikut atau gak. Satu lagi event yang udah daftar, Jakarta Marathon di bulan Oktober 2013, saya ikut yang 10K, masih lama persiapannya, kalo nanti saya belum hamil, ya berarti bisa ikut ;)).

Yang paling terpenting sih, saya tetap aktif olahraga sampe kapan pun, entah itu lari atau olahraga lainnya. Kalo sekarang lagi suka lari, saya juga tetap olahraga yang lain, biar gak bosen. Selama masih kuat, mampu dan belum bosen, saya jalani aja. Saya coba tebar yang namanya virus olahraga, biar orang-orang sekitar saya, jadi aware ama pentingnya olahraga. Mas Dicky, pelan-pelan udah mulai teracuni virus lari nih, semoga kapan-kapan mau ikutan event race juga, biar selalu ada temennya :x.

 

ragunan

Event 5K Charity Run di Ragunan, bisa foto bareng ama Sandiaga Uno euy ;))

 

wnc

Jakarta Wine & Cheese Run 10K di Kelapa Gading, lari bareng member forum Female Daily :)

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.