>

Dapat info dari temen, semoga bermanfaat…

Berikut adalah ranking maskapai penerbangan didasarkan tingkat pemenuhan standar keamanan. Sumber Kementerian Perhubungan RI.

Kategori 1
(memenuhi syarat penerbangan sipil)

-tidak ada- * OMG..parah banget ya nasib kita jadi penumpang transportasi udara :( *

Kategori 2
(memenuhi syarat minimal keselamatan penerbangan sipil namun ada beberapa syarat yg belum dilaksanakan) – untuk pesawat berbadan lebar.

1. Garuda Indonesia
2. Merpati Nusantara Airlines
3. Mandala Airlines
4. Trigana Air Service
5. Pelita Air Service
6. Indonesia Air Asia
7. Lion Air
8. Wing Air
9. Riau Airllines
10. PT. Express Transp AntarBenua (charter)
11. Sriwijaya Air
12. PT. Travel Express Aviation Service
13. PT. Republik Express Airlines

Kategori 3
(memenuhi standar minimal penerbangan sipil namun ada beberapa syarat yg belum dilaksanakan dan berpotensi mengurangi keselamatan) * Ini dia pesawat yg harga tiketnya murah ;)) *

1. Kartika Airlines
2. Batavia Airlines
3. Trans Wisata Air
4. Tri MG Intra Asia Airlines
5. PT. Manunggal Air Service (cargo)
6. Adam Air
7. Jatayu Airlines

Untuk jenis pesawat kecil :

Kategori 1 (memenuhi syarat penerbangan sipil)

-tidak ada-

Kategori 2 (memenuhi syarat minimal keselamatan penerbangan sipil namun ada beberapa syarat yg belum dilaksanakan)

1. Pelita Air Service
2. Airfast Indonesia
3. Trigana Air Service
4. PT. Travira Utama
5. PT. Derazona Air Service
6. PT. National Utility Helicopter
7. Deraya Air taxi
8. PT. SMAC
9. PT. Indonesia Air Transport
10. PT. Gatari Air Service
11. PT. Intan Angkasa Air Service
12. PT. Air Pacific Utama
13. PT. Trans Wisata Prima Aviation
14. PT. Pura Wisata Baruna
15. PT. Penerbangan Angkasa Semesta
16. PT. Aviastar Mandiri
17. Balai Kalibrasi Penerbangan
18. PT. Ekspress Transp AntarBenua
19. PT. Sampoerna Air Nusantara
20. PT. Eastindo

Kategori 3 (memenuhi standar minimal penerbangan sipil namun ada beberapa syarat yg belum dilaksanakan dan berpotensi mengurangi keselamatan)

1. PT. Helizona (non aktif)
2. PT. Sayap Garuda Indah
3. Survei Udara Penas
4. PT. Gemania Trisila Air
5. PT. Dirgantara Air Service
6. PT. Kura-kura Aviation
7. PT. Asco Nusa Air
8. PT. Atlas DeltaSatya
9. PT. Asi Pudjiastuti
10. PT. Dabi Air Nusantara
11. PT. Air Transport Service
12. PT. Aliansi Upataraksa Indonesia
12. PT. Alfa Trans Dirgantara
14. PT. Prodexim

Ranking diterbitkan 22 Mar 2007.

Lalu apa tindakan yg bakal diambil pemerintah kita setelah nge-audit n bikin list kyk diatas, apakah ada langkah konkrit biar seengganya ada satu aja maskapai yg masuk kategori satu. Ato cuman diem aja n ngebiarin lebih byk lagi korban yg berjatuhan. Ada yang tahu??

    2 Responses

  • Lesca says...

    >OMG…., bearti selama in iaku sering terbang pake Maskapai2 kategori II dan III ya? ;-)
    Hehehe…, horor banget ga sih… :D

  • renee says...

    >@lesca
    Emberan…emang kasian nasib kita deh :P

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.