Sudah gak kerasa Laras sudah dapet MPASI selama hampir 2 bulan. Kepengen bikin reviewnya sekalian buat dokumentasi. Terus terang aja, tiap nyiapin menu makan Laras bukan aku yang ngelakuin tapi pengasuhnya Laras. Paling waktu libur aku baru turun langsung nyiapin makannya Laras. Tapi menu makannya aku yang mikirin dan nentuin, cuman aku belum pake cara nentuin menu buat seminggu penuh di atas kertas, jadi cuman di otak aja.

Biasanya utk perkenalan menu baru, menu yang sama bakal dikasih selama 3 hari berturut-turut buat mengetahui adanya alergi terhadap makanan tertentu. Nah, biasanya aku belanja sepulang dari kantor atau pas wiken, beli bahan buat sekalian seminggu dimana 3 hari pasti sama menunya.

Waktu Laras pertama kali MPASI, jadwal makan Laras masih 1x sehari pas makan siang, itupun jumlahnya masih sedikit dan bentuknya masih cair banget mirip ASI. Cara buatnya pun, utk pertama kali tepungnya cmn 1 sdt dimasak sampai kental kemudian dicampur 20cc ASIP untuk mencairkan atau mengatur kekentalannya. Lama kelamaan kalo sudah biasa, tepungnya bisa 2 sdm + ASIP.

Berikut menu MPASI Laras pertama kali, yaitu jenis serealia :

  • Tepung Beras Coklat *waktu pesen tepung beras putih lagi abis*
  • Tepung Beras Merah
  • Tepung Kacang Ijo –> Laras gak begitu doyan
  • Havermuth

Oiya, setelah mulai makan Laras agak susah BAB. Sebelum MPASI sebenernya Laras jg gak BAB tiap hari seh, biasanya 2 hari sekali, tapi setelah MPASI Laras sampe hampir 5 hari belum BAB juga. Pas BAB, agak susah..mgkn karena perutnya masih belajar dan penyesuaian.

Minggu ke 2, Laras mulai makan 2x sehari pagi setelah mandi pagi dan sore setelah mandi sore juga. Menunya sehari seh masih sama, jumlahnya pun masih sama sekali makan. Laras mulai kenalan sama yang namanya sayuran. Aku ngenalin sayuran dulu dibanding buah-buahan, biar Laras gak ketagihan manisnya buah-buahan, jadi Laras masih makan yang tawar, dengan harapan Laras nantinya doyan makan sayur..biar gak kayak papanya yg susah bener makan sayur.

Berikut jenis sayuran yang dikenalin ke Laras :

  • Kentang
  • Ubi
  • Kabocha
  • Zuchini
  • Jagung manis

Untuk jenis sayur-sayuran ini, Laras doyan banget..apalagi ama yang namanya zuchini en kabocha. Bisa lahap en cepet banget makannya. Cara buatnya pun gak susah, bahan2 tersebut cukup dikukus atau direbus, tp lebih baik seh dikukus biar zat vitaminnya gak banyak yg ilang.. Setelah empuk baru dihaluskan kemudian tambahin ASIP secukupnya

Biar Laras gak bosen, baru deh divariasiin menu tiap harinya. Biasanya sayuran aku kasih ke Laras buat sarapan, sorenya baru dikasih jenis serealia atau umbi-umbian. Kadang juga kebalikannya.

Minggu ke 3, aku mengenalkan buah-buahan dengan jadwal makan siang hari setelah Laras bangun dari bobok pagi. Untuk makan besarnya Laras makan pagi dan sore. Untuk buah caranya hanya dihaluskan dengan menyaring atau memblender buah tersebut. Laras suka banget kalo makan buah, mgkn karena rasa manisnya. Buah-buahan yang sudah aku kenalkan ke Laras adalah :

  • Pisang * Laras gak gitu suka, lagian Laras jd susah BAB, jadi sampe skrg blm makan pisang lagi*
  • Pepaya
  • Melon
  • Pir
  • Apel
  • Mangga

Di Minggu ke empat atau menjelang 4 bulan, Laras mulai aku kenalin ama yang namanya bubur saring. Berhubung gak punya slow cooker, jadi masak manual. Jadi beras dimasak dengan air kaldu bisa kaldu daging ayam kampung atau daging merah giling, sampai jadi bubur. Saat ini seh, bubur dan lauk pauk masih dicampur masak dan blendernya. Pada saat masak, aku gak kasih gula ataupun garam. Nanti aja kalo udah setahun, biar ginjalnya Laras gak kerja keras dulu.

Untuk makan bubur saring ini aku mengenalkan :

  • Kaldu dan daging ayam kampung
  • Kaldu dan daging merah giling
  • Bayam
  • Wortel
  • Brokoli
  • Tahu
  • Tempe
  • Labu siam
  • Kacang Polong
  • Butter Unsalted

Akhir-akhir ini Laras makannya susah banget, bisa satu jam baru abis. Pernah malah sama sekali GTM, gak mau buka mulut sama sekali. Skrg seh dah mendingan, tp tetep aja lahap cmn bbrp suap, selebihnya mulut dibuka tp lidah ditempelin ke langit2 mulut, jd makanan tetep aja ga bisa masuk alias banjir aja di bibir.

Aku dah coba berbagai macam cara, biar Laras makannya nafsu kembali. Menu makanan divariasiin, kdg ditambah sau puree tomat, mangga, apel diatas makanannya. Tapi ya cmn berhasil bbrp suap doank. Kdg jd bingung, Laras dah kenyang, tp kan baru bbrp suap..ato gak minat ama makanannya ya? Kadang makan buah jg begitu gayanya. Aku blm coba makanannya dipisah2..apa mesti coba itu ya???

Laras blm pernah aku kasih finger food, tapi kmrn seh aku cobain kasih potongan apel. Dia keliatan seneng, tuh apel digigitin. Mgkn giginya gatel jg kali ya, tp bbrp lama kemudian dia seperti keselek, batuk2 en akhirnya muntah deh..walopun sedikit seh. Pdhl aku tadinya gak mau kasih dia biskuit baby, takut ama kandungan gula, garam or pengawetnya. Sdgkan cari baby safe feeder jg susah bgt disini, adanya baru di abroad..itupun mahal pisan.

Mgkn segini dulu review MPASInya Laras, mgkn laen waktu bakal diupdate lagi.

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.