>Innalillahi wa inna ilaihi roji’un…

Hari ini telah berpulang ke Rahmatullah Om Sunardi, Om ku yg biasa aku panggil Om Nardi. Beliau meninggal karena sakit stroke dan ginjal yang telah cukup lama dideritanya.

Om Nardi adalah suami dari bulik Is, adik dari mamaku yang tinggal di Solo. Beliau memang dah lama sakit stroke, kalo ga salah serangan stroke semalam mgkn adalah yg ketigakalinya menyerang beliau. Sebelumnya memang beliau pernah terkena serangan stroke yg cukup parah, tapi keadaannya dah mulai membaik. Hanya saja, akhirnya penyakit ginjal ikut menggerogoti tubuhnya sehingga menyebabkan beliau harus melakukan cuci darah seminggu 2 kali.

Semalam memang aku dikabari mama yg udah ada di Solo, kalo Om Nardi masuk ICU dalam keadaan sudah tidak sadar karena strokenya kembali kambuh. Aku berharap dan berdoa kalo Om Nardi gpp, dan bisa sembuh kembali. Aku sms-an terus ama Mama, Imam adik ku n Maya sepupuku soal perkembangan beliau. Sampai tadi pagi, Mama bilang kalo Om Nardi dah koma, dan dokter ginjalnya sudah menyatakan menyerah dan menyerahkan pada dokter syaraf. Saat itu aku hanya bilang ke Mama kalo kita berdoa aja dan semoga beliau gak papa.

Sekitar jam 10an, adik ku telp dari Solo mengabarkan kalo Om Nardi meninggal dunia. Innalillahi…. Aku sempet gak percaya dan akhirnya aku nangis. Beberapa menit kemudian, Mama nelpon ke hp ku sambil nangis dan mengabarkan berita yg sama. Aku kehilangan orang yang ku sayang lagi .

Om Nardi memang cukup dekat dengan sodara2 terutama keponakan2nya. Aku hampir seumuran dengan anak pertamanya, Uut, dan kami dulu emang sering maen bareng waktu kecil. Bisa dibilang Om Nardi ikut momong aku waktu aku kecil. Dulu aku sempat tinggal lama di solo tanpa mama, aku pernah dititipin di rumah eyang di Solo. Karena akrab dgn sepupu, jdnya aku sering nginep di rumah Om dan aku dah dianggap anak sendiri oleh keluarga Om. Setiap mudik ke Solo pun, Om Nardi selalu ngajak aku jalan2. Bareng mama atopun cmn kita yg anak2 aja, kita diajak nonton, makan, maen ke pasar malem, ato nginep di rumahnya di daerah tawangmangu, pokoknya beliau selalu bertindak jd tuan rumah yg baik bagi tamunya. Waktu aku kuliah dan mesti Geladi/PKL di Solo, aku pun tinggal sebulan dengan eyang dan keluarga beliau selama 2 bulan. Jdnya aku bener2 merasakan jd bagian dari keluarga beliau.

Sejak sakit yg lumayan parah aja, beliau dah mulai susah untuk jalan jauh dan lebih banyak di rumah. Perjalanan jauh terakhir adalah waktu nikahan kakak sepupuku di madiun. Waktu itu aku ikut mobil beliau, bareng bulik Is dan Aan putra bungsunya. Sepanjang perjalanan, kita bercanda, walopun beliau sakit tapi masih bisa ngajak bercanda. Dan beliau bilang kalo perjalanan jauh berikutnya adalah ke jakarta buat menghadiri pernikahan ku..waktu itu aku bilang..”Iya ya Om, nanti kl aku nikah Om dateng, cmn ga tau nih Om kapan nikahnya” . Sampai waktu menjelang pernikahanku pun, beliau pgn bgt ke jkt buat menuhin janjinya. Tp krn beliau mesti cuci darah trs dan dah gak sanggup jalan jauh. Akhirnya beliau diwakili istrinya bulik Is dan putra bungsunya, Aan.

Banyak cerita dan kenangan tentang Om ku ini, semoga cuman cerita baik aja yg diingat aku, sodara2, dan orang2 yg pernah dekat dengan dia. Aku kenal banyak istilah jawa yg aneh2 pun, beliau yg ngajarin . Rencananya malam ini aku mau pergi ke Solo, buat mengantar dan menghadiri pemakaman beliau esok pagi.

Sekarang aku hanya bisa berdoa buat beliau, semoga segala amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT, jalannya diberi kemudahan. Untuk keluarga beliau yang ditinggalkan, terutama bulik Is, semoga diberi ketabahan dan kesabaran. Amin…amin…amin.

    3 Responses

  • Tukang Ketik says...

    >turut berduka

  • Mashuri says...

    >turut berduka cita…

    semoga amal ibadah almarhum di dunia diterima di sisi-Nya. Amin.

  • NiLA Obsidian says...

    >turut beduka cita ya jeng Ren…..semoga mendapat tempat yg laik di sisi Nya dan semoga di beri ketabahan utk yg ditinggalkannya

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.