Innalillahi wa inna ilaihi roji’un..

Telah berpulang Pakde Hadi Santoso ke Rahmatullah, hari Sabtu kemarin tanggal 4 Juni 2011 jam 7.10 WIB di RS Telogo Rejo Semarang karena sakit, di usianya 66 tahun.

 

foto ini di ambil waktu mengantar mama berangkat ibadah haji 2010, balai kota Solo

 

Pakde Hadi kakak mamaku yang nomor 2 memang sudah kurleb 2 tahun belakangan ini di vonis sakit kanker, kalau tidak salah kanker sumsum tulang belakang. Pengobatan memang dilakukan di RS Telogorejo Semarang, sementara Pakde tinggal di Solo dengan Bude. Beliau mempunyai 3 orang anak dan 4 cucu, yang semuanya kebetulan tinggal di luar kota.

Di mata ku Pakde adalah seorang pribadi yang baik hati, seorang ayah yang perhatian dan penuh kasih sayang, suami yang bertanggung jawab, dan segala sifat baik lainnya. Yang selalu ku ingat ttg pakde adalah beliau suka sekali menghibur orang yang susah, membantu baik materi maupun moril, humoris, dan sayang sesama.

Hobinya sama seperti Eyang Kakung yang menurun ke mamaku juga, berkebun dan bercocok tanam. Telaten banget mengurus tanaman di rumahnya, juga dulu melihara banyak burung.

Sebagai seorang paman, Pakde sayang ke semua ponakannya, aku juga merasakan. Perhatian beliau begitu besar, semua ponakan di anggap anaknya sendiri juga. Tiap aku ke solo, pasti pakde dan bude selalu ngajak aku atau sepupu yang lain utk main atau nginap di rumahnya.

Kenangan terakhir pertemuan dengan Pakde di bulan Desember 2010. Waktu itu aku, papah Dicky &  Laras pergi ke Solo untuk menghadiri pernikahan sepupuku anak dari bulik Is, adik bungsu mama. Waktu itu Pakde masih segar, walaupun gak boleh capek. Kami juga rekreasi sekeluarga besar ke Tawangmangu. Waktu itu Pakde sempet meminjam jaket jeansku karena beliau kedinginan. Ternyata karena penyakitnya itu, Pakde gak boleh kedinginan atau kepanasan.

Alhamdulillah banget, di saat terakhirnya kemarin sabtu, aku masih bisa melihat Pakde untuk terakhir kalinya dan menyolatkan beliau :(. Doaku, smoga Pakde diberikan tempat terindah di sisi Allah SWT, di terima seluruh amal ibadahnya, diampuni dosa-dosanya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan & ketabahan. Aamiin.

Mamaku sangat kehilangan Pakde, karena Pakde banyak sekali membantu dan menemani mama. Mudah-mudahan mama juga sabar.

Pakde Hadi dimakamkan di TPU Bonoloyo Solo, berdekatan dengan makam Eyang Putri & Eyang Kakung bahkan pas dibawahnya. Senangnya ya mereka bisa berkumpul kembali :).

Selamat jalan Pakde, selamat istirahat panjang…

    2 Responses

  • aditya wulandari says...

    salam kenal mbak rini
    lagi blogwalking kebetulan nemu blog ini
    dan baca artikel ini
    kebetulan juga punya kisah dengan RS telogorejo
    hehe

  • R33n3e says...

    hai hai salam kenal juga..
    oya? dirimu di semarangkah?

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.