Setiap hari terakhir di bulan July adalah hari Sysadmin dunia. Hari apresiasi buat para SysAdmin atau orang-orang yang bekerja di dept IT.

Mengutip dari situs sysadminday.com

wpid-screenshot_2015-07-31-21-33-18.png

 

Oh yeaaaah !!!

Saya kerja di dept Operation sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang IT & Telekomunikasi Dept OPS itu kayak dept IT-nya kantor lain. Saya bukan SysAdmin, tapi saya bekerja bareng SysAdmin. Samping kanan, kiri, depan, belakang saya adalah orang-orang yang bertitel SysAdmin. Biarpun bukan SysAdmin, saya “dipaksa” untuk mengerti dan bisa mengerjakan bagian dari jobdesk mereka juga. Bisa dibilang saya Admin jadi-jadian deh.

Mungkin yang kerja di dept IT, Support, Helpdesk, pasti tahu banget suka dukanya bekerja di dunia IT ini. Dunia IT luas, gak cuman Administrator aja, Programmer juga jadi bagian terbesar di IT. Tapi emang pressurenya beda. SysAdmin harus selalu memonitor dan menjaga agar system yang ada tetap berjalan, dan bisa meng-handle dengan cepat kalau systemnya down.

Belum lagi urusan dengan dept lain, support mereka biar tetap bisa bekerja dengan menggunakan workstation dan pendukungnya. Pokoknya kalau ada masalah dengan komputer, gak bisa online, gak bisa nge-print dll, dering telp di dept kami jadi ramai. Mas Dicky pernah bilang, SysAdmin & OB gak ada bedanya hahaha.

Orang-orang yang bekerja di dept IT emang kadang suka terlupakan. Kadang baru dipanggil atau dikenal kalau ada yang butuh aja. Apalagi kalau di perusahaan yang jumlah karyawannya banyak sekali. Tapi kalau ada yang salah atau gak beres, pasti yang duluan diprotes hahaha. Gak semua sih, mungkin saya dan temen-temen aja yang ngerasain. Mungkin di kantor lain beda hihihi.

Kalau mas Dicky emang SysAdmin sejati. Dia sudah minat dengan dunia IT dari kecil, sejak SD udah familiar dengan komputer. Kerja sih emang di IT, tapi waktu kuliah, jurusannya malah Teknik Industri. Jauh banget, dan jadi punya pekerjaan yang beda dari temen-temen kuliahnya.

Itulah dunia pekerjaan yang dicintai mas Dicky, sejak kuliah udah bisa cari duit dari situ, sampai sekarang bisa mencukupi kebutuhan keluarga kecilnya. Emang kalau lihat mas Dicky udah di depan laptop atau komputer, kayaknya tuh nge-blend banget. Kebetulan kami dulu sekantor, jadi saya tahu banget gimana dia bekerja. Sampai di rumah pun, kadang mas Dicky gak bisa jauh dari laptop dan buka aplikasi terminal untuk bikin command-command atau script. Standby-nya SysAdmin itu udah mirip dokter, bedanya kebanyakan bisa dikerjakan remote. Selama bisa online, bisa dikerjain dari mana aja. Jangan sedih, setiap kami keluar kota atau liburan, mas Dicky tetep bawa laptop/netbook dan tetep standby. Jadi kalau ada problem di kantor, bisa dikerjain sendiri atau men-support stafnya dari jauh.
Begitu juga dengan temen-temen di kantor, gak jauh beda. Bahkan wiken atau hari libur nasional, harus ke kantor kapanpun dibutuhkan dan kalau gak bisa dikerjain dari rumah. Nginep di kantor ? Bukan hal yang aneh lagi, apalagi kalau ada migrasi server atau deployment.

Tapi, gak cuman susahnya, senengnya juga ada kok. Setiap pekerjaan pasti begitu kan, ada suka dukanya. Selama kita mencintai pekerjaan kita, pasti enjoy, dan gak akan pernah bosen. Satu lagi, halal dan berkah, inshaa Allah.. Aamiin.

Alhamdulillah, kami dijajanin pizza sama kantor buat merayakan SysAdmin Day. Mungkin buat orang lain kecil artinya, tapi buat kami it’s such an appreciation.

wpid-mtf_scngh_267.jpg.jpg

 

Happy SysAdmin Day !!

Leave a Reply









Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.